KBS Sabet Penghargaan Green Port, Pada Puncak Peringatan Hari Nusantara - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


KBS Sabet Penghargaan Green Port, Pada Puncak Peringatan Hari Nusantara

SUMATERA BARAT (Warta Indonesia) - PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) bersama 8 pelabuhan lain di Indonesia menerima penghargaan dari Kementerian Kemaritiman dan Investasi untuk kategori Green Port.

Penghargaan diberikan bertepatan dengan puncak peringatan hari Nusantara 2019, di kota Pariaman Sumatera Barat yang dihadiri Menko Perekonomian Erlangga Hartarto.

Usai menerima penghargaan, Direktur Utama (Dirut) PT KBS Alugoro Mulyowahyudi  menyatakan, program green port bertujuan mendukung pengembangan pelabuhan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sebagai upaya mewujudkan pelabuhan berkelas dunia.

Menurut Alugoro, kriteria penilaian green port yang disusun merujuk pada green port APEC Services Network (GPAS) dan The World Association for Waterbome Transport Infrastructure (PIANC) serta disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan terkait kepelabuhanan yang ada di indonesia dan internasional.

“Ada 4 komponen kriteria utama dalam green port yaitu kepelabuhanan, lingkungan, energy dan manajemen,” ungkap Alugoro kepada Ocean Week, di Pariaman, Padang, Sabtu pekan  kemarin (14/12).

Assesment terhadap ke-9 pelabuhan yang memperoleh penghargaan, Kemenko Kemaritiman dan investasi melibatkan auditor bersertifikat dari Sucofindo. “Tahun 2019 ini merupakan awal dilaksanakannya assesment implementasi green port di pelabuhan internasional di Indonesia,” ujarnya.

Selain KBS, juga menerima penghargaan serupa yakni PT Terminal Teluk Lamong, Terminal Cabang Makassar, PT IPC TPK, Terminal Petikemas Internasional Belawan, TPKS Semarang, Terminal Jamrud Tanjung Perak, Terminal Balikpapan, dan Terminal Petikemas Makassar. (Aditya/WI Media).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.