Ditjen HUBLA Kembangkan Layanan Buku Pelaut Online - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


Ditjen HUBLA Kembangkan Layanan Buku Pelaut Online

SURABAYA (Warta Indonesia) - Perkembangan dunia pelayaran saat ini berkembang sangat pesat, seiring juga dengan perkembangan di bidang Teknologi dan Informasi. Sebagai respon perkembangan Teknologi dan Informasi, Kementerian Perhubungan c.q Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah mengembangkan sistem informasi penerbitan Buku Pelaut.

Perkembangan teknologi dan informasi sepatutnya juga diselaraskan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)/petugas di lapangan. Direktorat Perkapalan dan Kepelautan bekerjasama dengan PT. LEN menyelenggarakan Workshop dan Pelatihan sistem Informasi Buku Pelaut Online dimana dengan adanya workshop ini diharapkan para supervisor, operator dan pejabat Pendaftaran Sijil dapat mengambil kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk dapat diimplementasi nantinya. Demikian disampaikan oleh Direktur Perkapalan dan Kepelautan yang diwakili oleh Kasubdit Pencegahan Pencemaran dan Manajemen Keselamatan Kapal dan Perlindungan lingkungan di Perairan, Capt. Jaja Suparman saat memberikan sambutan pada acara Workshop dan Pelatihan sistem Informasi Buku Pelaut Online di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya.

Capt. Jaja mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan kualitas SDM Supervisor, Operator dan Pejabat pendaftaran sijil di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (DJPL) dan peningkatan kualitas dalam kelaiklautan kapal dan keselamatan berlayar sehingga tercapai situasi keselamatan pelayaran sebagaimana diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran.

Selain itu, ia berharap Buku Pelaut Online dapat dimanfaatkan sebagai database dan controling untuk pelaut-pelaut yang bekerja diatas kapal, baik di atas kapal berbendera Indonesia maupun berbendera asing, selain itu sebagai controlling terhadap tindak pemalsuan buku pelaut dapat dicegah, serta pengalaman masa layar tidak lagi dapat dimanipulasi.

Disamping hal tersebut, Buku Pelaut Online ini juga dipakai sebagai salah satu implementasi MLC 2006 dalam perlindungan terhadap pelaut yaitu dengan memastikan Perjanjian Kerja Laut (PKL) yang dikenal dengan Seafarer Employment Aggrement (SEA) dan juga Collective Bargaining Agreement (CBA) tercatat sehingga dapat dipakai data pada saat penyijilan di buku pelaut maupun di buku sijil. "Artinya, tidak ada lagi pelaut yang disijil naik (SIGN ON) di buku pelautnya tanpa di sijil turun (SIGN OFF) terlebih dahulu," ujar Capt. Jaja.

Lebih lanjut, Capt. Jaja mengungkapkan bahwa saat ini terdapat kurang lebih 69 Unit Pelaksana Tugas (UPT) Ditjen Perhubungan Laut yang telah mengimplementasikan layanan Buku Pelaut Online, dimana pada tahun 2019 Dit. Perkapalan dan Kepelautan telah berhasil menambahkan lokasi layanan buku pelaut online di 8 UPT, antara lain:

1. KSOP Kelas IV Pangkalan Susu ;
2. KSOP Kelas IV Pangkal Balam;
3. KSOP Kelas IV Sibolga,
4. KSOP Kelas V Waingapu;
5. KSOP Kelas V Selat Panjang:
6. KSOP Kelas V Sintete;
7. UPP Kelas I Mamuju;
8. UPP Kelas Il Poso.

"Selanjutnya akan terus dilakukan penambahan lokasi sebagai bentuk komitmen layanan Ditjen Hubla kepada masyarakat," ungkap Capt. Jaja.

Di akhir kesempatan, Capt. Jaja juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan ini.

"Kepada para narasumber, dari Ditkapel, PT. LEN, PT. PERURI dan Pustikom Kemenhub, Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih, jadikan hal ini sebagai tantangan untuk membangun perkembangan Buku Pelaut Online dan juga mohon mentransfer ilmu pengetahuan dan penggunaan sistem yang dibangun secara terbuka, transparan dengan penuh kesabaran dan dedikasi yang tinggi, selain itu,saya juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak lain seperti panitia yang berperan aktif sehingga terlaksananya kegiatan Workshop," tutupnya.

(ADITYA/WI).

1 komentar:

  1. Permainan Game Online Zeus Bola adalah permainan game online menggunakan uang asli yang teraman dan terpercaya di Indonesia.
    kami sudah melayani lebih dari ribuan member kami yang sudah mengakses situs permainan game online menggunakan uang asli untuk menambah penghasilan atau hobi dan untuk kesenangan saja

    kami menyediakan berbagai jenis permainan seperti :
    - SPORTBOOKS
    - LIVECASINO
    - IDNPOKER
    - SLOTGAME
    - TEMBAK IKAN
    - SABUNG AYAM ( S128 dan SV388 )
    - TANGKAS

    Adapun Bonus yang kami tawarkan Banyak Sekali Bonus-Bonus Menarik.
    Bonus-Bonus Yang Tersedia Di Situs Zeus Bola Sebagai Berikut :

    ☑ Bonus New Member 15%
    ☑ Bonus Every Day 10%
    ☑ BONUS REFERRAL ZEUSBOLA
    ☑ Bonus Cashback 15% + Rollingan 0.6% Setiap Minggu
    ☑ Freechips Extra Turn Over Poker Online

    Zeus Bola juga siap melayani anda dengan pelayanan terbaik, yang akan dibantu oleh Customer Service yang sangat ramah.
    Proses transaksi Deposit atau Witdraw sangat cepat dan aman.

    Tunggu apa lagi ?
    Mari Gabung Dengan Cara Klik :: http://bit.ly/RegistrasiZeusbola

    Contact person Us :

    • Live Chat Zeus Bola : >> http://bit.ly/KLIKDISINISEKARANGJUGA <<
    • Whatsapp : >> https://wa.me/6281333555996 <<
    • Telegram : >> https://t.me/zeusbola <<

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.