FGD TANJUNG PRIOK BAHAS DRAFF FINAL EVALUASI STANDAR PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


FGD TANJUNG PRIOK BAHAS DRAFF FINAL EVALUASI STANDAR PELAYANAN TERMINAL PENUMPANG



WARTA INDONESIA - JAKARTA
Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pintu gerbang perekonomian terbesar di Indonesia dan  menjadi tolak ukur perekonomian Indonesia, karena pelabuhan ini memiliki throughtput peti kemas terbesar secara Nasional. Namun Pelabuhan Tanjung Priok dalam pelayanan penumpang saat ini dinilai belum dapat dikatakan memenuhi harapan, pasalnya standar pelayanan penumpang belum dapat mencerminkan sebagai pelabuhan terbesar di Indonesia.
 “ Berdasarkan data pada tahun 2018 terdapat 11.737 penumpang naik dan 11.258 penumpang turun dengan rata-rata tingkat kenaikan sebesar 5 % pertahunnya,” demikian disampaikan Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok  Capt.Hermanta dalam sambutannya pada pembukaan acara Focus Group Discussion (FGD) di Terminal Penumpang Tanjung Priok,Selasa (29/10/2019).
Capt.Hermanta menjelaskan bahwa trend peningkatan ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, namun yang paling dominan adalah semakin meningkatnya pelayanan angkutan kapal penumpang dan meningkatnya harga tiket pesawat sehingga penumpang beralih menggunakan angkutan kapal.
Acara Focus Group Discussion (FGD) dalam  Pembahasan Draft Final Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Fasilitas Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, kata Capt.Hermanta  bahwa dari fakta tersebut dapat disimpulkan  pelayanan angkutan penumpang di Pelabuhan Tanjung Priok harus menjadi fokus utama, dalam pengembangannya baik dari segi infrastruktur maupun pelayanannya.
Menurut Capt.Hermanta, untuk mencapai rencana perbaikan dan pengembangan terminal penumpang perlu dilakukan evaluasi terhadap pelayanan Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok secara menyeluruh antara lain ketersediaan dan kelayakan infrastruktur, evaluasi pelayanan, aksesibilitas serta mobilitas dari dan ke terminal penumpang.
Selain itu, katanya perlu juga dilakukan evaluasi pola operasional, perbaikan fasilitas-fasilitas pendukung dari terminal penumpang  yang digunakan sebagai dasar, upaya meningkatkan pelayanan dan menyusun rencana pengembangan terminal penumpang tersebut. (Oddie/WI).


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.