DITJEN HUBLA MELALUI KANTOR KESYAHBANDARAN MAKASSAR GELAR SOSIALISASI ANTI NARKOBA BAGI ASN - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


DITJEN HUBLA MELALUI KANTOR KESYAHBANDARAN MAKASSAR GELAR SOSIALISASI ANTI NARKOBA BAGI ASN

WARTA INDONESIA - MAKASSAR 

Maraknya peredaran narkoba di Indonesia harus dihentikan. Peredaran narkoba atau dengan istilah lain NAPZA, tidak hanya di perkotaan saja namun telah memasuki pedesaan hingga ke pelosok-pelosok Nusantara. 

Melihat kondisi seperti itu Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut  berperan aktif dalam mencegah dan memerangi narkoba yang masuk melalui pelabuhan dan merupakan salah satu pintu masuk perekonomian.

Demikian disampaikan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut  diwakili oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar Victor Vikki Subroto saat acara Sosialisasi Pencegahan, Pemberatasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika (P4GNPN) di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Makassar, Kamis (17/10/2019). 

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan serta pengetahuan dan wawasan para pejabat/pegawai Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Ditjen Hubla mengenai bahayanya peredaran dan penggunaan narkoba.

Victor mengatakan agar setiap ASN Ditjen Perhubungan Laut bersama-sama mencegah masuknya narkoba di wilayah kerja Ditjen Perhubungan Laut. Mengingat narkoba disinyalir dominan masuknya lewat jalur laut. Selain itu, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan akan menambah pengetahuan  aparatur Sipil Ditjen Hubla terhadap narkoba dan pencegahannya semakin luas. Sehingga akan nampu menekan peredaran dan pemakaian narkoba di lingkungan ASN Ditjen Perhubungan Laut. 

“Diharapkan agar jajaran Ditjen Perhubungan Laut berperan aktif dalam upaya pencegahan dan memerangi peredaran narkoba sesuai tema yang di usungkan tahun 2019, melalui sosialisasi P4GNPN ini,” kata Victor.

Sebelum acara sosialisasi P4GNP ini, tim yang dikoordinir oleh Balai Kesehatan Kerja Pelayaran(BKKP)  telah melakukan tes urine bagi para ABK kapal dan dilanjutkan dengan acara kampanye anti narkoba yang dilaksanakan oleh tim Bagian Hukum dan KSLN didukung penuh oleh Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar.  Kedua kegiatan tersebut dipusatkan di areal Pelabuhan Penumpang Angin Mamiri Makassar pada hari Rabu tanggal 16 Oktober 2019 kemarin.

Pelaksanaan tes urine dan kampanye anti narkoba ini merupakan rangkaian dari kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan  pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika/Psikotropika dan prekusor Narkotika (P4GNPN) yang bertujuan untuk menginformasikan bahayanya narkoba dan modus operandinya guna mencegah masuknya narkoba melalui jalur laut. 

Pada kesempatan itu Viktor juga menyampaikan ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Kepala Badan Narkotika Nasional(BNN) serta jajarannya, Pusat Pengelolaan Transpotasi Berkelanjutan(BPTB), Syahbandar Utama Makassar selaku tuan rumah, Bagian Hukum dan KSLN, Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP), serta semua pihak yang mendukung atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Kegiatan sosialisasi P4GNPN yang dilaksanakan Ditjen Perhubungan Laut ini merupakan kesepakatan bersama antara Kementerian Perhubungan dengan Badan Narkotika Nasional Nomor PJ. 23 tahun 2017 NK/43/X/2017/BNN. (Oddie/WI).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.