PT.IPC TERMINAL PETI KEMAS TELUK BAYUR DALAM WAKTU DEKAT TERAPKAN PELAYANAN TPS ONLINE - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


PT.IPC TERMINAL PETI KEMAS TELUK BAYUR DALAM WAKTU DEKAT TERAPKAN PELAYANAN TPS ONLINE



WARTA INDONESIA - PADANG
Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan IPC/PT Pelabuhan Indonesia Cabang Teluk Bayur bersama dengan anak perusahaan PT.IPC Terminal Petikemas  (IPC TPK). Dalam waktu dekat direncanakan akan menerapkan TPS Online (Tempat Penimbunan Sementara berbasis Online) Terminal Petikemas Area Teluk Bayur – Sumatera Barat.



“ TPS Online tersebut adalah merupakan solusi pelayanan digitalisasi yaitu untuk melakukan pertukaran data elektronik peti kemas antara system IPC di Terminal Peti Kemas dan sistem Bea Cukai di pelabuhan, sehingga pelayanan kepada pelanggan lebih optimal,” demikian disampaikan Manager Area IPC Terminal Petikemas A.Chandra kepada WARTA INDONESIA, Jumat (20/9/2019).

A.Chandra menjelaskan bahwa Penerapan TPS Online ini sejalan dengan Peraturan Kemenkeu Nomor 23/PMK.04/2015 pasal 19 ayat 1 menyebutkan bahwa : Dalam hal TPS berada dibawah pengawasan Kantor Pabean yang telah menerapkan sistem komputer pelayanan TPS Online secara mandatory.

Pengusaha TPS harus memiliki sistem elektronik pengelolaan penimbunan barang di TPS dan menyediakan media komunikasi data elektronik yang terhubung (on-line computer) dengan sistem computer pelayanan pada Kantor Pabean.

Selain katanya untuk mempercepat proses pertukaran data antara Terminal Petikemas dengan Bea Cukai, keberadaan TPS Online diharapkan dapat mengurangi tatap muka antara Importer dan Eksportir dengan pihak pengelola pelabuhan dan petugas kepabeanan karena sudah dilakukan secara online.

A.Chandra juga menjelaskan Penerapan TPS Online ini melengkapi aplikasi E Service dan Terminal Operating System ITOS yang sebelumnya sudah diterapkan di Terminal Petikemas area Teluk Bayur. Dimana proses request receiving, delivery dan transaksi pembayaran petikemas dapat dilakukan secara online.

“ Pergerakan setiap petikemas baik dari sisi Dermaga, lapangan Penumpukan dan Gate dapat dimonitoring secara real time. Peningkatan dan Implementasi Aplikasi berbasis online ini sebagai komitmen berkesinambungan untuk mewujudkan pelayanan maksimal kepada pelanggan dan stakeholder,” pungkas A.Chandra.

Terminal Petikemas Teluk Bayur saat ini telah di lengkapi dengan fasilitas lapangan penumpukan dan tempat bahandle mampu menampung petikemas sebanyak 324 box dengan 12 slot. (Oddie/WI).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.