PT. RUKINDO MENANGKAN TENDER PROYEK PENGERUKAN DI TUBAN JAWA TIMUR - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


PT. RUKINDO MENANGKAN TENDER PROYEK PENGERUKAN DI TUBAN JAWA TIMUR


WARTA INDONESIA – JAKARTA
PT Pengerukan Indonesia (Rukindo) perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengerukan, reklamasi, galangan dan dok (perbengkelan) kapal. Perusahaan ini sahamnya sekarang 99,9% dimiliki oleh IPC/PT.Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan 0,1% dimiliki PT.Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI).

Perusahaan yang ditugaskan oleh PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) merawat atau memelihara alur dan kolam pelabuhan PT Pelindo II. PT Pengerukan Indonesia juga saat ini sangat gencar mencari proyek pengerukan yang potensi diluar. Demikian disampaikan Dirut PT Pengerukan Indonesia Wahyu Hardiyanto kepada Warta Indonesia saat berbincang-bincang diruang kerjanya pekan kemarin.

Wahyu Hardiyanto menjelaskan pihaknya belum lama ini telah berhasil memenangkan tender pekerjaan pengerukan di Terminal Khusus PT Trans Pasific Petrochemical Indotama ( PT.TPPI ) di  daerah Tuban, Jawa Timur.

Menurut Wahyu meski proyek ini skala masih kecil hanya pekerjaan pengerukan dengan volume 560.000 m3 dan nilai kontrak sekitar Rp27,4 miliar. Proyek ini akan dapat memicu semangat untuk dapat proyek pengerukan lebih besar lagi dari pelabuhan swasta lainnya.

“ Pekerjaan pengerukan proyek di luar IPC yang dimenangkan lewat tender ini, akan dikerjakan atau diprediksi menghabiskan waktu 4 bulan,” ungkap Wahyu.
Saat ini, katanya proyek Tuban dalam proses perjanjian penandatanganan kontrak dan proses PK3 (Persetujuan Keputusan Kerja Keruk) dari Kemenhub cq Ditjen Perhubungan Laut.

“ Untuk pengerjaan proyek pengerukan di Tuban tersebut telah dipersiapkan kapal keruk Kalimantan II jenis pengisap lumpur atau Trailing Suction Hopper Dradgers (TSHD). Kapal Keruk Kalimantan II saat ini masih menyelesaikan perkerjaan pengerukan alur di Pelabuhan Trikora Pontianak, Kalimantan Barat,” jelas Wahyu.

Wahyu menambahkan bahwa PT Pengerukan Indonesia telah mendapatkan kontrak selama 5 tahun di Pelindo II. Untuk pemeliharaan alur dan kolam pelabuhan yang di kelola oleh IPC dengan volume keruk 3 juta m3 per tahun. Kontrak itu dimulai sejak 2017 hingga 2022.

“ Sebelumnya PT Rukindo banyak mengerjakan proyek pengerukan di luar negeri, antara lain reklamasi di Kuching, Serawak, Johor, Penang, Kuala Kedah (Malaysia), dan Pelabuhan Mongla (Bangladesh). Pengerukan Pelabuhan Jurong dan reklamasi Airport Changi (Singapura), serta proyek pengerukan dan reklamasi besar lainnya di dalam negeri,” Pungkas Wahyu. (Oddie/WI).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.