MENTERI PERHUBUNGAN RI BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA UNIT KERJA DALAM PROGRAM GERAKAN INDONESIA BERSIH - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


MENTERI PERHUBUNGAN RI BERIKAN PENGHARGAAN KEPADA UNIT KERJA DALAM PROGRAM GERAKAN INDONESIA BERSIH



WARTA INDONESIA - JAKARTA
Salah satu Program Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dalam rangka mendukung Gerakan Indonesia Bersih (GIB) yaitu memberikan penghargaan kepada Unit Kerja di lingkungna Kemenhub yang memiliki ruangan kerja paling bersih dan Hijau (Clean and Green).


Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara Anugerah Penghargaan Pelaksanaan Penilaian Kerapian dan Kebersihan Area Kerja pada Unit Kerja Lingkungan Kemenhub Tahun 2019 di Jakarta, Selasa (24/9/2019).

Penilaian kerapian dan kebersihan dilakukan pada 33 unit kerja yang berada di wilayah Jabodetabek, Medan, Semarang , Surabaya, Denpasar, Makassar dan Pontianak, yang terdiri dari 16 Unit Kerja mewakili Unit Kerja Eselon II dan 17 Unit Kerja mewakili Unit Kerja Eselon III.

Bertindak sebagai tim penilai acara Anugerah Penghargaan ini dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Kesehatan,  dan Kementerian Perhubungan melalui Pusat Pengelola Transportasi Berkelanjutan (PPTB).

Kriteria penilaian meliputi dua hal yakni : Self Assessment, meliputi kelengkapan Dokumen terkait Kebersihan Ruang Kerja dan Penilaian Lapangan, meliputi Kebersihan, Kerapihan, Kenyamanan, Estetika, Ketertiban dan Ramah Lingkungan. Area kerja yang dinilai yaitu Ruang Kerja Pejabat dan Staf, Toilet, Pantry, dan Lobi. 

Para pemenang kategori Unit Kerja Eselon II yaitu : Juara Pertama, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (Nilai = 93,17); Juara Kedua, Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok (Nilai = 87,36); dan Juara Ketiga, Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar (Nilai = 87,13).

Sementara, untuk Pemenang Kategori Unit Kerja Eselon III yaitu : Juara Pertama, Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (Nilai = 96.66); Juara Kedua, Distrik Navigasi Pontianak (Nilai = 87.36); dan Juara Ketiga, Politeknik Penerbangan Surabaya (nilai =85.75).

Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengatakan, Kebersihan dan Kerapihan merupakan standar kualitas yang harus dipenuhi untuk mewujudkan pelayanan yang prima bagi masyarakat.

 “Pelayanan prima di sektor perhubungan penting dilakukan karena akan memberikan citra yang baik bagi transportasi di Indonesia. Tentu hal ini butuh komitmen bersama dukungan jajaran Kemenhub dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan transportasi bagi seluruh masyarakat," ungkap Menhub Budi.

Pada kesempatan itu Menhub Budi Karya Sumadi mengingatkan agar momentum Penganugerahan Penghargaan Penilaian Kerapian dan Kebersihan Area Kerja Pada Unit Kerja di Lingkungan Kementerian Perhubungan Tahun 2019. Agar dapat menjadi motivasi untuk menanamkan budaya dan perilaku hidup bersih dan sehat khususnya di lingkungan Kementerian Perhubungan. 

“Lingkungan bersih dan sehat pada ruang kerja kita adalah awal dari rasa nyaman dalam bekerja, dan diharapkan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat juga akan meningkat," pungkas Menhub.

Pelaksanaan Penilaian Kerapian dan Kebersihan Area Kerja Pada Unit Kerja di Lingkungan Kemenhub sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 12 tahun 2016 dan Program Nawa Cita Nomor 5 yang berbunyi “Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia.

Kegiatan ini  telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dan  dengan “Gerakan Indonesia Bersih” yang merupakan salah satu bagian dari “Gerakan Nasional Revolusi Mental”. (Oddie/Humas Perhubungan).



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.