KSOP MARUNDA, STAKEHOLDER DAN NELAYAN LAKSANAKAN KEGIATAN BERSIH LAUT DAN PANTAI DIPERAIRAN MARUNDA – JAKARTA UTARA - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


KSOP MARUNDA, STAKEHOLDER DAN NELAYAN LAKSANAKAN KEGIATAN BERSIH LAUT DAN PANTAI DIPERAIRAN MARUNDA – JAKARTA UTARA

 
WARTA INDONESIA – JAKARTA
Dalam rangka Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019, Kementerian Perhubungan RI cq Ditjen Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Marunda – Jakarta Utara, selenggarakan Apel bersama di depan Kantor KSOP Marunda pukul 07.30 WIB, Kamis (12/9/2019).

Apel bersama ini dipimpin langsung Kepala KSOP Marunda Iwan Sumatri sebagai Inspektur Upacara. Peringatan Harhubnas kali ini menyelenggarakan “ Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Pelabuhan.”.

Sebelum penyampaian amanat dari Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Kepala KSOP Marunda Iwan Sumatri mengajak seluruh peserta upacara agar mengheningkan cipta sejenak. Untuk mengenang jasa Almarhum Presiden Republik Indonesia ke-3 Prof. BJ Habibie sebagai Pemimpin Bangsa yang menunjukkan sikap Negarawan.


Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dalam amanatnya pada peringatan Harhubnasdibacakan Kepala KSOP Marunda Iwan Sumantri  mengatakan agar pada hari ini dilakukan kegiatan serentak dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut seluruh Indonesia melakukan Gerakan Bersih Laut dan Pantai.
Menhub Budi Karya Sumadi menjelaskan gerakan bersih laut dan pantai ini, dilator belakangi adanya pakta bahwa Indonesia saat ini, merupakan negara penyumbang plastic kelautan terbesar kedua di dunia. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan BPS (Pusat Data Statistik). Sampah plastik Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan 3,2 juta ton sampah plastic yang dibuang kelaut.

“ Sampah plastik sangat berbahaya bagi kelangsungan ekosistim di laut. Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan menargetkan penurunan sampah plastic di laut hingga 70% pada tahun 2025,” ungkap Menhub.
Menhub menyampaikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, atas keberhasilannya melakukan suatu gerakan massal. Yang mampu memberikan kontribusi besar terhadap kebersihan dan kelestarian lingkungan di Indonesia.

“ Semoga kegiatan seperti ini, dapat dilakukan  secara berkesinambungan, sekaligus menjadi pemacu semangat bagi insan Perhubungan. Unruk terus berkarya dan berkontribusi kepada Tanah Air,” pungkas Menhub.
Sementara itu, Kepala KSOP Marunda Iwan Sumantri mengatakan peringatan Harhubnas dengan pelaksanaan kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai. Hal ini, salah satu upaya nyata Kementerian Perhubungan RI cq Ditjen Perhubungan Laut melalui KSOP Marunda.

Dalam memberikan edukasi terhadap masyarakat agar tidak membuang sampah ke laut dan moment seperti ini mengajak untuk berperilaku hidup bersih dimanapun berada. Diharapkan perilaku hidup bersih ini dapat menjadi budaya masyarakat Indonesia.


“Jika laut dan pantai bersih akan membawa perasaan kita menjadi nyaman dan senang. Dalam jangka panjang dapat menjadi investasi masa depan bagi generasi penerus bangsa kita,” kata Iwan..

Iwan Sumantri menjelaskan khusus untuk pelabuhan Marunda, pihaknya dibantu seluruh stakeholder yang ada di Marunda baik dari Polsek Kawasan Pelabuhan Kalibaru, Kasubpol Marunda, TNI Angkatan Laut, Polairud, Perusahaan, TKBM, STIP dan Nelayan juga dilibatkan ikut serta dalam kegiatan aksi bersih Laut dan Pantai.

“Diharapkan kegiatan ini, dapat mengedukasi bagi masyarakat dan menjaga kelestarian  Laut khususnya di perairan Marunda. Kedepan kita harapkan masyarakat dilingkungan pelabuhan Marunda hidup bersih dan sehat, sehingga Laut di perairan Marunda bersih dan lestari,” ungkap Iwan.

Iwan menambahkan sampah yang dikumpulkan sebagian besar adalah sampah plastik dari kemasan minuman air mineral dan makanan plastik serta kain. Setelah dilakukan penimbangan sampah yang terkumpul dari tiga wilayah yaitu Terminal Kali blencong, Terminal PT Karya Citra Nusantara (KCN) dan Terminal Marunda Center (MCT). Sampah terkumpul mencapai 4 truk dengan berat keseluruhan total 3,4 ton

Kegiatan bersih Laut dan Pantai perairan Marunda kali ini melibatkan peserta 350 orang dari Kantor KSOP Marunda dan stakeholder serta Nelayan. Kegiatan di ketiga wilayah perairan Marunda dibantu alat angkut dan speedboad antara lain : 3 (unit) speedboat KSOP Kelas IV Marunda,  1 (satu) unit kapal milik PT Krakatau Bandar Samudera, 3 (tiga) unit speedboad Markas Unit Patroli Pol Airud Marunda, 1 (satu) unit speedboad Pos TNI AL.

Selain itu, 1 (satu) unit mobil Ambulance KKP wilker Pelabuhan Laut Marunda, 9 (sembilan) unit perahu Nelayan, 1 (satu) unit mobil truk sampah PT.KBN (P) SBU Kawasan Marunda, 1 (satu) unit mobil truk PT. KCN dan 1 (satu) unit mobil truk PT.Pelabuhan Tegar Indonesia..

Usai melaksanakan kebersihan area pelabuhan dan laut, pada kesempatan itu Kepala KSOP  Kelas IV Marunda Iwan Sumantri memberikan Sertifikat SKK 30 Mil kepada peserta Diklat Pemberdayaan Masyarakat. Hasil kerja sama antara Kantor KSOP Kelas IV Marunda dengan STIP (Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran) Marunda - Jakarta Utara. Mengakhiri acara tersebut  dilanjutkan ramah tamah dan hiburan terhadap peserta yang terlibat dalam kegiatan bersih Laut dan Pantai perairan Marunda. (Oddie/WI)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.