STIP MARUNDA – JAKARTA MELAKSANAKAN PENUTUPAN DIKLAT PELAUT ANT II DAN ATT II SEBANYAK 90 ORANG PASIS - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


STIP MARUNDA – JAKARTA MELAKSANAKAN PENUTUPAN DIKLAT PELAUT ANT II DAN ATT II SEBANYAK 90 ORANG PASIS




 WARTA INDONESIA - JAKARTA
STIP Marunda – Jakarta Utara Kampus Akademi Pelayaran dibawah pembinaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP SDM) Kementerian Perhubungan RI. Bertempat  di Gedung Auditorium STIP, Selasa (27/8/2019) telah dilaksanakan acara wisuda (penutupan) Program Diklat Keahlian pelaut Tingkat II Nautika Angkatan XL dan Tingkat II Teknika Angkatan XLI tahun 2019. 


Acara wisuda ini dirangkai dari awal dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Perhubungan. Kemudian dilanjutkan dengan laporan pendidikan yang disampaikan oleh Kepala Divisi Pengembangan Usaha STIP Vidya Selasdini.

Ketua STIP Capt. Marihot Simanjuntak, MM diwakili Capt.Abdul Rochman MM Pembantu Ketua 2 (Puket II) pada kesempatan itu menutup Program Diklat Keahlian pelaut Tingkat II Nautika Angkatan XL dan Tingkat II Teknika Angkatan XLI tahun 2019.

Kegiatan yang mengambil tema "Merajut Perairan Dunia dan Nusantara" di ikuti Perwira Siswa (Pasis) sebanyak  90 orang terdiri dari : ANT  II  berjumlah 43 Pasis dan  ATT  II  berjumlah  47 Pasis, ujian akhir dilaksanakan tanggal 12 sampai 16  Agustus 2019 dengan predikat kelulusan perwira siswa lulus 100%.

Capt.Abdul Rochman MM Puket II STIP Jakarta dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan kepada para peserta yang telah  dapat menyelesaikan pendidikan diklat pelaut tingkat.II dengan predikat lulus 100% .pada Ujian Keahlian Pelaut (UKP).

“ Semoga para peserta sekalian senantiasa meraih sukses dalam setiap langkah tugas dan pengabdian. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada orang tua, keluarga ,lingkungan, agama, bangsa, dan negara Indonesia. Sesuai dengam tema kita hari ini yaitu “  Merajut Perairan Nusantara dan Dunia,” jelas Capt.Abdul Rochman.

Menurut dia, diharapkan agar para perwira laut dapat berkreasi secara inovatif melalui ide-ide, saran dan masukan bagi pengembangan dunia pendidikan dan dunia maritim. Seiring perubahan zaman yang di pengaruhi oleh Revolusi Industri 4.0. 

“ Karena trend ini telah mengubah banyak bidang kehidupan manusia termasuk industri maritim, dunia kerja bahkan gaya hidup manusia itu sendiri. Singkatnya revolusi 4.0 menanamkan teknologi cerdas yang dapat terhubung dengan berbagai bidang kehidupan manusia,” tutup Capt.Abdul Rochman

Sementara itu, Kasubag Rumah Tangga dan Humas STIP Melfin Sirait SE, mengatakan STIP Jakarta kedepan akan terus berbenah diri, Untuk meningkatkan mutu dan kualitas ilmu kepelautan yang didukung fasilitas moderen dan tenaga Dosen yang berpengalaman (senior).

Menurut dia, STIP saat ini telah memiliki dan melengkapi fasilitasnya dengan berbagai keperluan diklat pelaut diantaranya Marlin Tes dan Medical Tes. Dengan sertifikat berlogo Garuda dan sudah di approval oleh Kementerian Perhubungan RI..

" Saat ini, STIP telah melakukan kerjasama dengan Sekolah Akademi Pelayaran Hong Lam - Singapura. Para Perwira Siswa Pelayaran Singapura tersebut rencananya bulan Oktober 2019 akan melanjutkan pendidikan pelayaran di Kampus STIP Jakarta," pungkas Melfin

Ardy Setiawan salah seorang peserta Perwira Siswa  Jurusan Nautica ANT II pada kesempatan itu  ketika ditanya tanggapannya selama 9 bulan waktunya menyelesaikan pendidikan di STIP Jakarta kepada WARTA INDONESIA mengatakan bahwa selama melaksanakan diklat di Kampus STIP, merasa puas mulai dari fasilitas kelas, tempat praktek dan Dosen.

Dikatakannya, banyak kemudahan yang kami dapatkan dalam pembelajaran, salah satunya ketika kami mencari Dosen selalu ada ditempat. “ Itulah beda nya Perguruan Swasta dengan Negeri, kalau swasta fasilitas ditanggung yayasan  (sendiri) sedangkan Perguruan Negeri di tanggung anggaran oleh pemerintah tentu fasilitasnya cukup jauh berbeda,” katanya.

Ardy Setiawan mengungkapkan harapannya setelah memperoleh Ijazah ANT II tersebut, semoga dapat mendapat pekerjaan yang lebih bangus dan kedepannya akan meningkatkan lagi pendidikan untuk ANT I. “ Saat ini cukup banyak pilihan juga  untuk melanjutkan Diklat ANT I, namun kedepan saya berencana tetap melanjutkannya di STIP Jakarta ini, “ pungkasnya. (Oddie/WI).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.