PELABUHAN POMAKO PAPUA PASCA KERUSUHAN PELAYANAN OPERASIONAL BERJALAN NORMAL - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


PELABUHAN POMAKO PAPUA PASCA KERUSUHAN PELAYANAN OPERASIONAL BERJALAN NORMAL

WARTA INDONESIA - TIMIKA 

Pelayanan dan operasional Pelabuhan Pomako, Timika Papua berjalan normal. Tercatat 1 unit kapal milik PT. SPIL yaitu KM. Spil Haspri melakukan kegiatan bongkar muat dan saat ini telah clearance out dari Pelabuhan Pomako.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Pomako, Husni Anwat Tianotak dalam keterangan persnya kepada awak media menyikapi kericuhan yang terjadi di Timika - Papua, Rabu (21/8/2019) .

Menurut dia, bahwa kondisi di Pelabuhan Pomako aman dan kondusif, semua pelayanan tidak ada yang terganggu. Walaupun Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) merupakan putra daerah asli Papua.

Selain itu, di wilayah kerja (wilker) dari Pelabuhan Pomako yakni willayah kerja Amamapare terdapat 2 (dua) unit kapal, yang melakukan bongkar muat antara lain kapal KM. Meratus Semarang dan KM. Sawu Sea.

"Pelayanan di wilker Amamapare berjalan normal, aman dan terkendali. Namun demikian, kami terus meningkatkan kewaspadaan dan pengamanan juga berkoordinasi dengan aparat keamanan. Untuk memastikan Pelabuhan tidak terdampak terhadap kericuhan yang sudah sempat terjadi," ungkap Husni.

Husni juga mengingatkan kepada masyarakat bahwa pelabuhan merupakan objek vital nasional yang harus steril dari kegiatan unjuk rasa.  Sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 63 Tahun 2004 tentang Pengamanan Objek Vital Nasional.

"Selain itu, berdasarkan Surat Edaran dengan nomor UM.003/38/19/DJPL-17 tanggal 15 Mei 2017 tentang Peningkatan Pengawasan dan Penjagaan Dalam Rangka Pengamanan Objek Vital Nasional di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, keamanan di Pelabuhan harus dijaga," jelas Husni. (Oddie/WI).


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.