KSOP MUARA ANGKE BERSAMA KEPALA DINAS DKI JAKARTA SIDAK KE PELABUHAN KALIADEM - JAKARTA UTARA - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


KSOP MUARA ANGKE BERSAMA KEPALA DINAS DKI JAKARTA SIDAK KE PELABUHAN KALIADEM - JAKARTA UTARA

WARTA INDONESIA - JAKARTA 

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muara Angke - Jakarta Utara siap mengawal keselamatan pelayaran bagi kapal-kapal tradisional yang mengangkut wisatawan berlibur ke Pulau Seribu dari Pelabuhan Kali Adem.

Kepala KSOP Kelas IV Muara Angke, Capt. Handry Sulfian  melakukan sidak bersama Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, terkait upaya pengaturan alur penumpang dan kapal di Pelabuhan Kali Adem, Jakarta - Utara, Sabtu (24/8/2019).

Capt. Handry Sulfian kepada awak media mengatakan, saat ini Pelabuhan Kali Adem sedang dalam proses revitalisasi kawasan, termasuk pembangunan gedung kantor Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhanan (UP APK) Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Sehingga perlu dilakukan penataan dan pelayanan bersifat sementara. Untuk memudahkan para calon penumpang yang hendak bepergian ke kawasan Kepulauan Seribu.

"Sekarang sudah ada penambahan loket penjualan tiket bagi calon penumpang yang hendak membeli tiket kapal secara langsung di pelabuhan," ungkap Capt Handry Sulfian.

Menurut Capt.Handry Sulfian, sebelumnya bahwa jumlah loket penjual tiket secara langsung sangat terbatas dan kurang representatif. Sehingga ketika musim-musim peak season terlihat tak teratur, bahkan cenderung semerawut.

"Mulai hari ini juga, kami bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan pengaturan alur penumpang dan kapal agar lebih tertib, demi meningkatkan aspek keselamatan pelayaran,"tuturnya.

Capt.Handry Sufian menambahkan bahwa Pelabuhan Kali Adem merupakan salah satu Pelabuhan yang masuk dalam 6 Pelabuhan Pilot Project peningkatan Keselamatan Pelayaran bersama dengan Pelabuhan Tanjung Pinang, Tarakan, Bau-Bau, Tulehu dan Surabaya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan, sidak yang dilakukan hari ini untuk lebih memastikan pelayanan terhadap masyarakat yang hendak bepergian ke Kepulauan Seribu. Agar terlayani dengan baik dan tetap mengutamakan aspek keselamatan pelayaran.

"Pelabuhan Kali Adem adalah pelabuhan yang banyak diminati oleh masyarakat yang hendak melalukan perjalanan atau berwisata ke Kepulauan Seribu. Jadi, meskipun kawasan Pelabuhan Kali Adem masih dalam tahap perbaikan, keamanan dan kenyamanan calon penumpang tetap terjaga dengan baik," ungkap Syafrin.

Menurut Safrin, bahwa berdasarkan pantauan langsung hari ini, pelayanan terhadap penumpang dan kapal sudah cukup baik. Alur penumpang sejak dari loket tiket hingga ke dermaga dan masuk ke kapal telah berjalan dengan baik dan kondusif.

Lebih lanjut, Safrin mengungkapkan kapal-kapal yang akan diberangkatkan juga bersandar dengan baik dan tertata dengan pemisahan sandar. Terhadap kapal-kapal tradisional dengan kapal-kapal cepat, termasuk kapal-kapal milik Dinas Perhubungan.

"Kami juga tetap mewajibkan seluruh penumpang memakai life jacket selama dalam pelayaran untuk meningkatkan keselamatan pelayaran," tutup Syafrin. 

Pada kesempatan itu,  hadirKepala Tata Usaha KSOP Kelas III Sunda Kelapa Ridwan, Kepala Unit Pengelola Angkutan Perairan dan Kepelabuhanan (UP APK) Dinas Perhubungan DKI Jakarta M Faris Budiman, unsur TNI dan Polri setempat, serta pihak terkait lainnya diwilayah pelabuhan Muara Angke. ( Oddie/WI).


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.