PASCA GEMPA LOMBOK UPP PEMENANG CATAT KENAIKAN JUMLAH PENUMPANG KAPAL ASAL BALI - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


PASCA GEMPA LOMBOK UPP PEMENANG CATAT KENAIKAN JUMLAH PENUMPANG KAPAL ASAL BALI

WARTA INDONESIA - LOMBOK UTARA 
Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas I Pemenang mencatat kenaikan jumlah penumpang kapal baik wisatawan asing dan domestik dari Bali. Dengan menggunakan speedboat yang masuk melalui Pelabuhan Pemenang, Lombok Utara.

Kepala Kantor UPP Kelas I Pemenang, Jasra Irawan  keterangan persnya diterima WARTA INDONESIA,Sabtu (27/7/2019) mengatakan bahwa Pemerintah Daerah bersama instansi terkait di Lombok Utara termasuk Kantor UPP Pemenang bersinergi mengembalikan sektor pariwisata Lombok pasca kejadian musibah gempa bumi yang terjadi bulan Agustus 2018 lalu.

Jasra Irawan menjelaskan bahwa peningkatan jumlah wisatawan baik asing maupun domestik tentu saja merupakan salah satu bukti bahwa Lombok telah berangsur pulih dan masyarakat lombok perlahan dapat bangkit kembali sesuai slogan Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yaitu "Lombok Bangkit" pasca gempa bumi.

"Kunjungan wisatawan asing dan domestik sudah mulai meningkat yang ditunjukan dengan peningkatan frekuensi jumlah kapal cepat atau speedboat dari Bali yang mencapai 24 call perhari dengan total penumpang masuk Lombok sekitar 2.024 orang untuk hari ini (27/7/2019). Hal ini menunjukan bahwa Lombok sudah kembali normal seperti sebelum gempa Lombok," terang Jasra Irawan.

Lebih jauh, Jasra Irawan menyebutkan seiring meningkatnya kunjungan wisatawan tersebut melalui laut,  UPP Pemenang perlu mengingatkan kembali kepada Nakhoda, awak kapal, operator juga masyarakat tentang aspek keselamatan pelayaran. Terutama penggunaan alat-alat keselamatan penumpang seperti life jacket, alat pemadam kebakaran dan alat keselamatan lainnya.

"Sedangkan untuk menunjang program Kementerian Perhubungan khususnya penerbitan sertifikat pas kecil. Data yang kami miliki ada 500 kapal-kapal  GT.7 ke bawah yang berada di wilayah kerja UPP Pemenang yaitu Lombok Barat, kota Mataram dan Lombok Utara," tutur Jasra Irawan.

Selain itu, juga telah diterbitkan 152 pas kecil gratis dengan target tahun ini adalah 300 pas kecil yang ditandai dengan acara pemberian pas kecil secara simbolis dari UPP Pemenang kepada pemilik kapal dibawah GT 7 untuk wilayah Lombok Barat, Mataram dan Lombok Utara.

"Pas kecil ini dibuat dan diberikan tanpa biaya apapun untuk para pemilik kapal tradisional di bawah GT 7. Hal ini menunjukan bahwa negara hadir untuk memberikan kemudahan dalam pengurusan dokumen pas kecil kapal tradisional guna mendukung terwujudnya keselamatan dan keamanan pelayaran," tutupnya.

Acara tersebut merupakan kerjasama UPP Pemenang dengan koperasi Karya Bahari yang mewadahi kapal-kapal Speedboat dari Pelabuhan Bangsal atau Pemenang menuju ke Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air dan melibatkan mitra kerja, Dishub Provinsi NTB, Camat Lombok Utara, unsur SAR, TNI AL, Polsek dan Polisi pariwisata. (Oddie/WI).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.