DALAM RANGKA PERINGATI HARI JADI KE-696, PEMKAB PATI KIRAB KERETA ASAL SOLO - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


DALAM RANGKA PERINGATI HARI JADI KE-696, PEMKAB PATI KIRAB KERETA ASAL SOLO

Bupati Pati Haryanto. Foto : Wisnu.
Pati - Perayaan Hari Jadi Pati (HJP) ke 696 tahun, yang jatuh pada 7 Agustus 2019, nampaknya akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Hal itu menyusul, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pati akan melakukan perayaan dan arak-arakan dengan menggunakan kereta yang disewa dari Solo.

Bupati Pati Haryanto kepada wartawan di ruang kerjanya mengatakan, Agenda HJP yang selalu dilaksanakan setiap tahun sekali di Kabupaten Pati ini merupakan acara budaya yang rutin di selenggarakan.

"Ini momen ke 2 dalam kepemimpinan saya, namun dalam pelaksanaan ini akan kita buat lebih menarik dari tahun-tahun sebelumnya," ujar Haryanto.

Menurutnya, pelaksanaan kirab budaya untuk menyongsong HJP ke 696 tahun ini, nantinya akan dilengkapi dengan pertunjukan budaya daerah dan arak-arakan dengan menggunakan kereta dari solo, bahkan untuk budaya-budaya dari luar daerah juga akan ikut terlibat untuk ikut meramaikan perayaan HJP Kabupaten Pati.

"Arak-arakan atau kirab budaya itu nanti dari Kemiri yang merupakan Kabupaten Pati pertama kali, menuju Kaborongan yang saat ini digunakan sebagai pusat pemerintahan Pati," jelas Haryanto.

Selain melakukan kirab budaya, pada kegiatan HJP juga akan dilaksanakan kesenian daerah seperti karawitan, pertunjukan ketoprak, wayang kulit dan lain-lain.

"Ini untuk menarik perhatian wisatawan lokal dan non lakal, dan pastinya masyarakat juga akan ikut merayakan HJP ke 696 tahun ini," cetusnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin berharap dengan HJP ke 696 tahun ini, semoga bisa menambah kedewasaan dalam bermasyarakat dan bernegara. Umur Kabupaten Pati, dianggap lebih tua dengan umur Indonesia, sehingga langkah yang dilakukan saat ini bagaimana agar bisa berpikir lebih maju ke depan dengan menyongsong kebersamaan dan gotong royong.

"Dengan segala manfaat, agar kita selalu bekerjasama dengan baik, membumikan pancasila dan kebinekaan untuk selalu menjaga kondusifitas yang ada saat ini," kata Saiful Arifin.

Ditambahkan, untuk semua elemen dengan momen HJP ke 696 tahun ini, agar selalu bisa bersatu padu dan menyongsong serta menjaga kebersamaan dalam satu naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)."Mari kita jaga kebersamaan ini bersama-sama, untuk selalu bersatu dan menjaga NKRI,"Pungkasnya.(WIS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.