DIRJEN HUBLA R.AGUS H PURNOMO RESMIKAN GATE IN ONLINE DI PELINDO III TANJUNG PERAK -SURABYA - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


DIRJEN HUBLA R.AGUS H PURNOMO RESMIKAN GATE IN ONLINE DI PELINDO III TANJUNG PERAK -SURABYA



WARTA INDONESIA - SURABAYA
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) telah menerapkan fasilitas gate in online di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk kapal penumpang dan ro-ro. Fasilitas tersebut membuat penumpang kapal laut yang sudah check in dapat memindai boarding pass-nya sebelum berjalan dari terminal untuk masuk ke dek kapal, sehingga terdata dengan jelas.


“Pelindo III sebagai operator Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) mengintegrasikan data penumpang dari enam operator kapal (penumpang dan ro-ro) untuk penerapan fasilitas gate in online.Sehingga data check in dan boarding ini dapat dimanfaatkan oleh Kantor Kesyahbandaran sebagai manifes penumpang kapal yang valid dan menjadi dasar penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) agar kapal dapat berangkat,” kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto kepada awak media pada saat acara peluncuran fasilitas gate in online di Surabaya, Kamis (20/6/2019).

Putut Sri Muljanto menjelaskan bahwa fasilitas ini sangat penting untuk semakin menjamin faktor keselamatan berlayar kapal dan keamanan di gedung terminal penumpang. Dengan diterapkannya e-ticketing untuk penumpang kapal, maka area boarding dalam gedung terminal hanya akan diisi oleh penumpang kapal. Sehingga lebih nyaman dan lebih tertib.

“ Per 1 Agustus 2019 nanti agen penjualan tiket fisik kapal juga akan dipindah ke lokasi lain di luar gedung terminal. Antrean masuk ke kapal juga akan diatur per dek agar lebih tertib. Kemudian dari data gate in online jumlah, identitas, dan tujuan penumpang yang naik ke kapal juga jelas,” ungkapnya.

Putut Sri Muljanto menambahkan bahwapenerapan e-ticketing dan gate in online di Pelabuhan Tanjung Perak menjadi langkah penting dalam transformasi digital layanan penumpang moda transportasi laut di Indonesia. Kementerian Perhubungan mendorong sinergi antara BUMN operator terminal dan pihak operator kapal swasta demi memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R.Agus H. Purnomo dalam sambutannya menyampaikan agar Pelindo III dan para operator kapal melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Terutama para calon penumpang kapal laut agar dapat memanfaatkan e-ticketing dan gate in online tersebut. Sehingga kemudahan pemesanan tiket bisa dirasakan masyarakat dan tidak terjadi kebingungan di terminal.

Dirjen Agus melihat bahwa selama ini di laut terlalu banyak diskresi yang bisa mengganggu keselamatan dan kenyamanan. Hal tersebut bisa diperbaiki dengan digitalisasi pelayanan. “Bandara dan stasiun bisa bagus (pelayanannya), maka pelabuhan juga bisa. Ayo kita bangun mulai dari Tanjung Perak ini. Kita edukasi masyarakat untuk membeli tiket online,” ungkap Dirjen Agus..

Pada acara  peresmian tersebut juga ditampilkan video testimoni penumpang pengguna fasilitas e-ticketing. Salah satunya dari atas nama Sunarto, penumpang asal Tulungagung yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, menuju ke Pelabuhan Banjarmasin.

“(Merasa) lebih mudah, karena tiket kapal bisa dibeli di aplikasi. Tidak perlu datang ke Surabaya. Terminal juga lebih nyaman dan bersih, karena lebih sedikit orang yang datang,” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Pelindo III Doso Agung pada kesempatan terpisah dari Semarang, menyampaikan bahwa Pelindo III BUMN yang juga mengemban misi membangun negara. Terkait dari segmen pelayanan penumpang di pelabuhan, Pelindo III telah memiliki kesiapan dari sisi infrastruktur fasilitas bangunan dan kemampuan teknologi informasi.

“Pelindo III berkomitmen mendukung langkah digitalisasi layanan yang didorong oleh Kemenhub dan siap membantu para operator kapal. Memang dengan digitalisasi akan mengubah sispro operasional dan proses bisnis. Namun tetap harus dipercepat karena meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang. Penerapan gate in online akan bertahap diterapkan di seluruh terminal penumpang pelabuhan Pelindo III,” katanya.(Oddie/WI).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.