LAYANAN IA1 KAPAL TERBESAR DENGAN PANJANG 261 M PERNADA SANDAR DI PELABUHAN PANJANG - LAMPUNG - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


LAYANAN IA1 KAPAL TERBESAR DENGAN PANJANG 261 M PERNADA SANDAR DI PELABUHAN PANJANG - LAMPUNG


WARTA INDONESIA - LAMPUNG
Fasilitas atau dermaga pelabuhan Panjang - Lampung saat ini dapat disandari kapal berukuran panjang.  Pelanggan di pelabuhan Panjang kini dapat mengirimkan barang atau komoditasnya secara langsung ke Asia Utara, melalui layanan Sealand Asia 1 (IA1) yang baru diluncurkan. 

Kapal Petikemas MV Balthasar Schulte sandar di Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Panjang, Senin (25/3/2019). Dengan panjang kapal 261 meter memiliki kapasitas 4.250 TEUs ini merupakan kapal petikemas terpanjang yang pernah sandar di dermaga IPC/PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang.

Davit Sirait Senior Vice Presiden Pelayanan Terminal PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) mengatakan IPC Panjang mengukir sejarah baru, kini dapat melayani kapal dengan panjang 261 meter. Kapal tersebut melayani Shipment Intern Asia secara langsung dan longterm dengan rute secara langsung melayani rute dari Panjang ke Kaohsiung (Taiwan), Busan (Korea), dan Shanghai (Cina).

Menurut Davit Sirait, bahwa rute ini membuktikan bahwa Lampung merupakan salah satu pusat perdagangan internasional dengan dukungan fasilitas pelabuhan yang modern dan sejalan dengan visi IPC menjadi pelabuhan Internasional.

"Kedatangan kapal sepajang 261 meter di pelabuhan Panjang ini menunjukkan semakin meningkatnya kemajuan Infrastrukur Pelabuhan di Lampung," katanya.

Joshua Ng, Country Manager Sealand, Maersk Company Indonesia, di Lampung, Selasa (26/3/2019) mengatakan layanan baru itu, IA1 menjadi pemimpin dalam menghubungkan wilayah ini dengan Asia Timur Laut, sekaligus memperkuat komitmen Sealand untuk membuka peluang baru bagi para pelaku bisnis dari wilayah Panjang dan Palembang - Sumatera Selatan.

Sealand tumbuh bersama dengan Pelabuhan Panjang,  sejak kami pertama kali memasuki pasar pada tahun 2009 (saat itu masih dikenal sebagai MCC). 

" Kami sangat yakin layanan IA1 yang menghubungkan Panjang secara langsung ke China, Korea Selatan dan Rusia, akan memperkuat konektivitas dan mendukung perdagangan internasional tidak hanya untuk Provinsi Lampung, tetapi juga Sumatera bagian Selatan," ungkapnya.

Sealand - A Maersk Company: Sealand - perusahaan Maersk, adalah perusahaan logistik kontainer regional yang menggabungkan tim lokal yang bersemangat dan pemikiran gesit dengan jaringan global, yang ditenagai oleh keluarga Maersk yang lebih besar. Sealand dapat memindahkan Cargo pelanggan dengan cepat dan efisien melintasi Amerika, Asia, Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah.

"Melalui hubungan yang dekat dengan Maersk, kami memastikan pelanggan kami dapat manfaat dari logistik terkemuka di industri teknologi terkini. Sealand adalah bagian dari A.P. Moller - Maersk," katanya.

Layanan IA1 tersebut merupakan sejarah layanan kapal terbesar yang singgah di Pelabuhan Panjang. Bahkan layanan ini merupakan satu-satunya layanan yang secara langsung melayani rute dari pelabuhan Panjang ke Kaohsiung (Taiwan), Busan (Korea), dan Shanghai (China). 

" Layanan IA1 juga mampu membawa lebih banyak ekspor dari Lampung, Panjang dan Palembang hingga mencapai 167% ruang kapal dan kapasitas reefer 46% lebih besar, serta pengurangan hingga 69% waktu transit ke tujuan-tujuan tertentu," pungkasnya.
Pelayaran perdana layanan IA1 dari Panjang pada 12 Maret 2019, dan call Panjang setiap pekan (minggu) pada  hari Senin.  (Oddie/WI).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.