PT KBS Sapu Bersih Medali TKMPN XXII dan International Quality and Productivity Convention (IQPC) - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


PT KBS Sapu Bersih Medali TKMPN XXII dan International Quality and Productivity Convention (IQPC)


WARTA INDONESIA - Cilegon - Perusahaan Pelabuhan yang terkemuka di tanah air, PT. Krakatau bandar Samudera (KBS) berhasil meraih empat penghargaan kategori Gold dan satu Platinum sebagai penghargaan tertinggi Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) XXII dan International Quality and Productivity Convention (IQPC) belum lama ini di Batam, Kepulauan Riau.

Pengembangan inovasi peningkatan mutu dan kinerja guna mendukung performa perusahaan, terus digalakkan PT. Krakatau Bandar Samudera secara konsisten, baik dalam aktivitas operasi maupun dampak langsung gagasan, yang diinisiasi bagi kepentingan stake holder.

Guna mengukur efektivitas inovasi, sekaligus komitmen perusahaan dalam peningkatan mutu produksi, Krakatau Bandar Samudera secara aktif berpartisipasi pada (TKMPN) XXII dan IQPC.

Tahun ini Krakatau Bandar Samudera mengirim 5 gugus dengan ragam inovasi yang telah diterapkan secara konsisten, serta berpengaruh pada peningkatan produktivitas dan efisiensi Perusahaan dalam beberapa waktu terakhir.

Platinum diraih oleh SGA Loadcell Detector unit kerja Divisi Logistik Servis & Operasi Luar melalui inovasi Mempercepat Perbaikan Timbangan PT. Krakatau Bandar Samudera.

Sedangkan 4 kategori gold diraih oleh Gugus SS Broken unit kerja Divisi Operasi Internal; GKM ManTap3 Unit kerja Divisi PMHA; SS Ino Na Di unit kerja Divisi Perawatan; GKM #OnErrorResumeNext Unit kerja Divisi IT & Sistem Manajemen Masing-masing tim mempresentasikan berbagai terobosan yang berhasil dicapai di setiap unit kerja yang berdampak langsung pada efektivitas waktu, efisiensi anggaran dan energi, hingga proses pelayanan ke konsumen secara realtime.

"Saat ini Krakatau Bandar Samudera terus menggiatkan inovasi di seluruh unit kerja, sekaligus meningkatkan efisiensi yang berkaitan dengan aktivitas pelayanan," kata Direktur Utama Krakatau Bandar Samudera Alugoro Mulyowahyudi, mewakili manajemen saat acara malam penganugrahan di Ballroom Harmoni One Convention Center Batam, belum lama ini.

Keikutsertaan kali ini meningkat jauh dari tahun sebelumnya, hal itu, kata Alugoro, menunjukkan tingginya produktivitas karyawan dalam mendorong inovasi diberbagai bidang, sehingga mampu berkontribusi terhadap efisiensi di seluruh aktivitas perusahaan.

Alugoro berharap melalui kegiatan itu, seluruh tim inovasi PT. Krakatau Bandar Samudera mampu meningkatkan mutu inovasi yang digagas, khususnya milenial mampu lebih berperan dalam pengembangan perusahaan  menghadapi tantangan global serta disrupsi industri saat ini.

"Semangatnya agar milenial turut ambil bagian dalam pengembangan inovasi di Krakatau Bandar Samudera ke depan. menuntut seluruh insan perusahaan lebih kreatif dan inovatif," tambah Alugoro.

Menurut Direktur Komersil & PU sekaligus Manajemen Representatif PT. Krakatau Bandar Samudera Iip Arief Budiman, perangkat (tools) inovasi ini  digagas agar seluruh pihak yang berkepentingan, seperti Consigne, EMKL serta stake holder terkait dapat memantau pergerakan pelayanan baik loading/unloading cargo serta dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Upaya ini juga merupakan wujud komitmen Krakatau Bandar Samudera dalam pelayanan yang terbaik, tercepat sesuai dengan slogan “We Respon Better”, bagi seluruh stack holder terkait.

Bahkan tools itu juga digunakan beberapa customer PT. Krakatau Bandar Samudera dalam penyelesaian masalah, seperti PT. Nutrindo Boga Sari, PT. Jawamanis Ravinasi.

Dengan peringkat Platinum yang berhasil diraih SGA Loadcell Detector, Ahmad Alimin mengaku penghargaan itu sebagai motivasi bagi dirinya bersama tim, untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap pengembangan perusahaan ke depan.

Apalagi dengan digalakkannya Industri 4.0, semakin memacu semangat Krakatau Bandar Samudera terus berinovasi ke arah digitalisasi industri.

"Ini sebagai wujud komitmen kami mengembangkan perusahaan agar lebih maju dan mampu meningkatkan daya saing serta kualitas, baik dari sisi  pelayanan," tutur Alimin.

Selain torehan penghargaan dari seluruh gugus inovasi, Krakatau Bandar Samudera turut menerima penghargaan atas partisipasi aktif dalam mendukung peningkatan mutu pelayanan secara konsisten, dengan keterlibatan pada ajang Pekan Konvensi Mutu Krakatau Steel Group di Gedung Pusdiklat PT. KS beberapa waktu lalu.

TKMPN XII dan IQPC 2018 merupakan agenda tahunan yang digagas Wahana Kendali Mutu (WKM), bekerja sama dengan Asosiasi Manajemen Mutu dan Produktifitas Indonesia (AMMPI), dalam mendukung peningkatan mutu seluruh sektor di Indonesia, baik industri, pendidikan, kesehatan dan lainnya.

Total peserta TKMPN XXII dan IQPC  mencapai 2.050 peserta yang terbagi dalam 466 gugus dari ratusan perusahaan besar berskala nasional dan internasional, insan pendidikan, kesehatan, hingga birokrasi, yang tersebar pada 14 stream, dan ratusan peserta dari sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.  (Arif S/Warta Indonesia/Hms.KBS).

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.