BKKP KEMENHUB GELAR PROGRAM PADAT KARYA LIBATKAN MASYARAKAT SEKITAR - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


BKKP KEMENHUB GELAR PROGRAM PADAT KARYA LIBATKAN MASYARAKAT SEKITAR


WARTA INDONESIA  - JAKARTA 
Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut melalui Balai Kesehatan Kerja Pelayaran (BKKP) menggelar program padat karya pekerjaan perawatan halaman Kantor BKKP, di Tanjung Priok - Jakarta Utara, Sabtu (23/2/2019).


"Padat karya ini merupakan program pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat yang tentunya disambut dengan baik oleh masyarakat sekitar seperti yang tampak pada hari ini," ujar Direktur Kenavigasian, Basar Antonius di sela-sela kegiatan padat karya tersebut. 

Tercatat sebanyak 20 (dua puluh) orang warga sekitar Kantor BKKP yang terlibat dalam program padat karya bertajuk "Kerja dengan Hati" ini.

Badar Antonius mengatakan dengan adanya padat karya ini menunjukan bahwa Ditjen Perhubungan Laut mengajak para warga untuk ikut berpartisipasi serta mengajak bekerja dengan hati seperti slogan Ditjen Hubla tahun 2019 ini. Melalui slogan Kerja dengan Hati, dan tidak hanya oleh BKKP saja, kami akan terus memberdayakan masyarakat di sekitar sarana dan prasarana transportasi laut untuk terlibat dalam program padat karya, mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif dan meningkatkan perekonomian warga sekitar.

"Terpenting kegiatan ini dapat menciptakan hubungan yang harmonis antara Pemerintah dengan warga sekitar di lingkungan kerja," pungkasnya.

Sementara Kepala BKKP, dr. Hesti Ekawati pada kesempatan itu mengatakan bahwa Balai Kesehatan Kerja Pelayaran sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis di Ditjen Perhubungan Laut berkomitmen untuk menselaraskan kegiatannya dengan program yang telah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dimana salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Kegiatan Padat Karya.

"Untuk Padat Karya tahun 2019 ini, perekrutan tenaga kerja Padat Karya dilakukan dengan mempertimbangkan dan memprioritaskan tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus dan tidak bekerja dalam waktu yang lama," kata dr. Hesti.

Menurut Dr. Hesti kegiatan Padat Karya terdilaksanakan di halaman Kantor Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Jl. Raya Ancol Baru No. 1 Tanjung Priok – Jakarta Utara dengan jangka waktu pelaksanaan pekerjaan selama 3 (tiga) hari kalender yaitu tanggal 23 s.d. 25 Februari 2019 yang keseluruh biaya padat karya sebesar Rp. 41.300.000,- dibebankan dari DIPA Balai Kesehatan Kerja Pelayaran Tahun Anggaran 2019.

dr. Hesti menjelaskan  ruang lingkup pekerjaan pada kegiatan Padat Karya ini adalah pembersihan drainase Kantor Balai Kesehatan Kerja Pelayaran dan pengecatan kansteen taman. Volume pekerjaan pembersihan drainase adalah 78 M3 (tujuh puluh delapan meter kubik) yang dilaksanakan dengan melakukan pengerukan terhadap endapan lumpur dan sampah. Sedangkan volume pekerjaan pengecatan kansteen adalah 355 M1 (tiga ratus lima puluh lima meter lari) yang dilaksanakan dengan melakukan pengerokan cat eksisting dan pengecatan ulang.

"Kami yakin dengan adanya pemberdayaan masyarakat melalui program padat karya ini merupakan bentuk kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat," tutup dr. Hesti. (Oddie/WI).

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.