PELAYANAN PENUNDAAN DAN PEMANDUANDI PELABUHAN TANJUNG PRIOKSISTEM DEGITAL PORT DENGAN APLIKASI MOS - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


PELAYANAN PENUNDAAN DAN PEMANDUANDI PELABUHAN TANJUNG PRIOKSISTEM DEGITAL PORT DENGAN APLIKASI MOS




Dari (kiri) Capt.Hermanta dan Mulyadi

WARTA INDONESIA – TANJUNG PRIOK

Dalam meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan, PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pelabuhan Tanjung Priok.Selangkah lebih maju,dengan melakukan pembenahanproses bisnisnya yaitu pelayanan jasa kepelabuhan berbasis teknologi digital (Digital Port).

Pelayanan kepelabuhanan berbasis teknologi digital ini, dilakukan dengan Sosialisai danGo-live implentasi aplikasi Marine Operating System (MOS)atau digitalisasi layanan pandu tunda di Pelabuhan Tanjung Priok.

“ Aplikasi MOS ini merupakan bentuk dukungan terhadap sistem layanan kapal Inaportnet Kementerian Perhubungan RI. Karena dalam aplikasi itu telah tertera tanggal yang terintegrasi dengan aplikasi pelayanan kapal,” kata General Manager IPC Cabang Tanjung Priok Mulyadi kepada WARTA INDONESIA dalam siaran persnya di Tanjung Priok Rabu (3/10/2018).


Mulyadi menjelaskan bahwa MOS merupakan sistem yang di desain guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan pemanduan dan penundaan kapal antara lain : Resources Management, Planning Scheduling Deployment, Resources Optimizer, Order Dispatching, Order Executing, Free Movement, Monitoring Controlling & Reporting dan System Interconnectivity.

“ Saat ini layanan Pemanduan (Towage dan Pilotage) dilakukan secara manual, sehingga untuk mewujudkan IPC sebagai World Class Port Operator perlu Operational Excellence. Layanan Pemanduan menjadi salah satu layanan yang mendapatkan perhatian khusus  dalam rangka mewujudkan visi dan misi IPC,” ungkap Mulyadi.

Menurut Mulyadi bahwa banyak Benefit yang diperoleh setelah implementasi MOS yakni memberikan kemudahan dan efisiensi bagi planner dalam optimalisasi dan penyesuaian kebutuhan kapal terhadap resource, Real time record pelayanan.

 Adanya status track dan tracing resources, berkurangnya running hours dan meningkatkan efisiensi pergerakan untuk tug boat dan efisiensi perjalanan untuk pilot boats, penghematan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Pelumas baik Tug Boat maupun Pilot Boat dan Meningkatkan governance.

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan masing-masing petugas Driver car, Pandu dan Tug boat dilengkapi fasilitas iPad (Launch Mobile App) menerima job order dari Marine Control Centre (MCC) . Setelah realisasi pekerjaan Launch master , Job planner  perlu mengetuk "Ok" untuk melihat detail pekerjaan, konfirmasi akan dikirim ke Job Planner setelah Launch master tap pada "Ok".

“ Khusus untuk petugas pandu memasukkan nama Shipmaster dan meminta tanda tangan induk Kapal (Built-in On Screen Signature/Digital Sign-Off).Untuk perusahaan pelayaran/Shipping Agent keakuratan realisasi pelayanan dapat mencapai 99%, Digital Sign-Off dari Shipmaster/nahkoda kapal, memperkecil keluhan pelayanan terkait nominal penagihan yang akurat dan tepat waktu,” pungkasnya. (Oddie/WI).

3 komentar:

  1. Agen Sabung Ayam Terbaik dan Terpercaya Kali ini akan membagikan bonus new member sebesar 10%.
    Dengan minimal deposit 100rb saja anda sudah bisa mendapatkan bonus tersebut. Ayo mainkan sekarang juga dan raih kemenangan hingga ratusan juta rupiah. Kami tunggu kedatangan nya ya.

    Untuk info lebih lanjut kalian juga bisa Hub :
    LiveChat : www. zeusbola .biz
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 087775019947
    BBM : bolazeus

    BalasHapus
  2. Agen judi bola terbaik dan terpercaya Zeusbola .biz kali ini akan membagikan bonus-bonus menarik untuk kalian semua. Daftarkan diri anda sekarang juga dan dapatkan freechips nya setiap hari khusus untuk anda
    Ayo tunggu apa lagi, kami tunggu kedatangannya..

    Untuk info lebih lanjut kalian juga bisa Hub :
    LiveChat : www. zeusbola .biz
    LINE : zeusbola
    Whatsap : 087775019947
    BBM : bolazeus

    BalasHapus
  3. Cemepoker pusat permainan kartu terbaik di indonesia kali ini akan membagikan Bonus Special Natal Dan Tahun Baru 2019, Syarat untuk mendapatkannya sangat mudah sekali cukup daftarkan diri anda dan main dalam situs kami sekarang juga kamu sudah bisa mendapatkan bonus Freechips tersebut saat tanggal 25 Desember 2018 nanti.

    Untuk info lebih lanjut hub:
    Livechat : www. pokerpagi .com
    Whatsapp : 081333552227
    BBM : cemepkr

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.