PEMANFAATAN PERAN MEDSOS SECARA OPTIMAL DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


PEMANFAATAN PERAN MEDSOS SECARA OPTIMAL DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE




WARTA INDONESIA – JAKARTA - Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok  menggelar acara Forum Kehumasan ke-2 Pelabuhan Tanjung Priok tahun 2018  dengan tema “Optimalisasi Pengelolaan Media Sosial Dalam Mewujudkan Good Governance di Pelabuhan Tanjung Priok,” dilaksanakan di Hotel Santika - Kelapa Gading - Jakarta Utara, Kamis (19/7/2018).

Forum Kehumasan ke-2 Pelabuhan Tanjung Priok tahun 2018menghadirkan paranarasumber yakni Kepala Bagian  Organisasi dan Humas dari Sekretariat Direktorat Jenderal Perhubungan Lautdan Praktisi Media Sosial Shafiq Pontoh dan di pandu moderator Gita Andreswari Kasubag Hukum dan Humas Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok.

Plt Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Lollan Panjaitan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabag Tata Usaha Totok Suranto menyampaikan apresiasinya diselenggarakannya kegiatan Forum Kehumasan ke-2 Tanjung Priok. Dengan acara ini, dapat dimanfaatkan sebagai sarana berkomunikasi dan silaturahmi antara instansi Pemerintahdan para stakeholders di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok.

Lollan Panjaitan menjelaskan sebagai insan transportasi, bahwa transportasi merupakan urat nadi pembangunan. Sektor transportasi menjadi isu yang strategis untuk dibahas,terbukti jika terjadi sedikit saja gangguan transportasi seperti  keterlambatan keberangkatan, kepadatan penumpang yang terjadi di stasiun, terminal, pelabuhan, bandara, dan demo pengemudi angkutan, pasti menjadi sorotan publik dan diekspose oleh banyak media, baik media mainstream maupun media sosial.

Di era digital ini, setiap orang dapat langsung menginformasikan setiap kejadian melalui media sosialnya masing-masing, sehingga kejadian menjadi cepat viral dan menjadi pembicaraan publik,” katanya.

Menurut dia, seiring dengan terus berkembangnya teknologi informasi, pemerintah dan stakeholders dituntut untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme dan akuntabilitas publik dalam menjalankan aktivitasnya. Media sosial kini telah menjadi bagian penting dalam berkomunikasi di masyarakat. Pemerintah dan Stakeholders dapat menggunakan media sosial sebagai perangkat yang membantu untuk berkomunikasi dengan masyarakat.

“ Berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan youtube yang dapat digunakan sebagai media sharing.Untuk dimanfaatkan dalam memberikan informasi berupa foto, video dan dapat berinteraksi kepada masyarakat secara langsung melalui kolom komentar maupun kolombalasan dimasing-masing platform,” terangnya.
Lebih lanjut, Lollan Panjaitan megatakan bahwa media sosial dinilai sebagai sarana yang lebih efisien dalam membentuk interaksi antara Pemerintah dan Stakeholders dengan masyarakat. Oleh karena itu media sosial harus dikelola secara optimal dan pemanfaatan media sosial yang optimal dapat mewujudkan good governance yang baik.
 Media sosial menjadi tantangan bagi para humas di lingkungan pelabuhan Tanjung Priok bagaimana instansi terkait  dapat mengoptimalkan ekspos terkait isu-isu positif di sektor transportasi khususnya di pelabuhan. Ekspos harus dioptimalkan, karena ketika terjadi gangguan transportasi akan dengan cepat terekspos dan menjadi isu negatif. Sementara jika kita mencoba mensosialisasikan hal-hal positif sepertisosialisasi kebijakan,hasil-hasil pembangunan, dan hal positif lainnya, seringkali tidak mendapatkan ekspos yang besar,”  jelas Lollan.

”Saya berharap forum ini dapat menambah wawasan, dan diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi serta sinergi antar humas di pelabuhan Tanjung Priok dalam rangka membangun  reputasi sektor transportasi khususnya di pelabuhan Tanjung Priok,” tutupnya.

Hadir dalam Forum Kehumasan ke-2 tahun 2018 Pelabuhan Tanjung Priok  yaitu Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan Marunda Yuserizal, Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Priok diwakili Kabag TU Edi Maryono, Unit kehumasan antara lain Corporate Secretary PT Indonesia Kendaraan Terminal Sofiyan Gumelar, Humas PT Terminal Petikemas Koja Agus Sugianto, Humas IPC/PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Fajar, Humas PT Multi Terminal Indonesia Joko Rusmanto dan istansi terkait  dalam pelabuhan Tanjungf Priok, asosiasi dan pengurus TKBM.(Oddie/WI).

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.