KANTOR IMIGRASI KELAS I TANJUNG PRIOK KUKUHKAN TIM PORA KABUPATEN ADMINITRASI KEPULAUAN SERIBU - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


KANTOR IMIGRASI KELAS I TANJUNG PRIOK KUKUHKAN TIM PORA KABUPATEN ADMINITRASI KEPULAUAN SERIBU



WARTA INDONESIA – JAKARTA -Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) merupakan amanat  dari Undang - Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian dan dikuatkan lagi Peraturan Pemerintah No 31 tahun 2013. Pembentukan Tim PORA adalah bertujuan memfasilitasi semua institusi keamanan dalam rangka pengawasan orang asing.

Pembentukan Tim PORA oleh Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok, bukan Imigrasi membawahi semua institusi - institusi yang bergabung dalam anggota, namun Kantor Imigrasimemberikan wadah. Pemerintah mewajibkan bahwa setiap Kantor Imigrasi harus memiliki sekretariat Tim PORA. Sekretariat tersebut tempat untuk berkumpul sebagai sarana berbagi informasi sesuai dengan arahan Bapak Dirjen Imigrasi.

Demikian disampaikan Plt.Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok Agus Widjaja kepada WARTA INDONESIA usai acara Pembentukan dan Pengukuhan Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA), tingkat Kecamatan Kepulauan Seribu  Utara dan Kepulauan  Seribu Selatan di wilayah  Kerja  Kantor Imigrasi  Kelas I Tanjung Priok di Hotel el Royale – Jakarta, Rabu (25/7/2018).

Dijelaskannya, Kantor Imigrasi bukan membawahi institusi seperti Polri dan Kodim setempat namun Kantor Imigrasi justru harus memberikan fasilitas dan memfasilitasi, maka untuk itulah Tim PORA dibentuk. Perkembangan jaman, karena jumlah kantor Imigrasi itu tidak memungkinkan dan jumlah pegawai juga terbatas. Sedangkan jaman sekarang makin banyak orang asing datang berkunjung dengan segala konsekuensinya.

“Maka Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok mencoba mengartikan undang – undang Tim PORA itu, pada tingkat Kabupaten, Kecamatan sehingga semakin optimal Tim PORA. Untuk DKI Jakarta,Tim PORA seluruh Kecamatan sudah dibentuk dan dikukuhkan, yang terakhir Kepulauan Seribu,” katanya.

Khusus untuk DKI Jakarta setelah pembentukan dan pengukuhan Tim PORA sesuai dengan yang dicanangkan pada tingkat Kecamatan. Maka langkah selanjutnya akan dilakukan sosialisasi pada tingkat Danramil, Polsek dan diberikan fasilitas. Sesuai arahan Dirjen Imigrasi dengan keterbatasan SDM dan Kantor Imigrasi maka Tim PORA melibatkan instansi terkait.

Lebih lanjut, Agus Widjaja mengatakan salah satu upaya dibentuknya Tim PORA agarmempermudah pemantauan dan pengawasan orang asing.Pembentukan Tim PORA dalam melakukan operasi pengawasan tidak hanya dilakukan oleh imigrasi namun senergi antar instansi terkait.

Tim PORA juga melibatkan  masyarakat diwilayah untuk dapat membantu dan mempermudah tugas Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok melakukan pemantaun keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok - Jakarta Utara.

“ Dengan dibentuknya Tim PORA di Kepulauan Seribu  harapan saya semua aparat setingkat Kecamatan telah mengetahui bahwa pengawasan orang  asing itu, bukan hanya tanggung jawab imigrasi. Imigrasi diberikan tannggung jawab kepada orang asing saat melintas seperti memberikan visa, melintas di bandara, jadi ketika orang asing masuk ke wilayah Indonesia kita ajak semua untuk ikut mengawasi dengan Tim PORA,” jelasnya.

Ditambahkannya, Tim PORA Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok, diharapkan sistem pengawasan dan pelaporan orang asing dapat dilakukan  secara terpadu dan berkesinambungan. Sehingga dalam pemantauan dan pengawasan terhadap keberadaan dan aktivitas diwilayah Administrasi  Pelabuhan Tanjung Priok dan Kabupaten Kepulauan Seribu mudah terukur dan terpantau.

Hadir dalam Pembentukan dan Pengukuhan Tim PORA Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok untuk wilayah Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu diantaranya Direktur Pengawasan dan Penindakan Direktorat Jenderal Imigrasi diwakili Plh Kasubdit Pengawasan Ditjenim Agung Pramono, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Bambang Sumardiono, Kepala Devisi Keimigrasian Kantor Wilayah Hukum dan HAM DKI Jakarta Agus Widjaja (Plt Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok).

Kemudian, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara diwakili Kasubsi Sospol Gesang,Bupati Kepulauan Seribu Husen Murad, Kapolres Kepulauan Seribu diwakili Kasat Intel AKP Awi, Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok diwakili Kasat Intel AKP SP Lumban Tobing, Perwakilan KOLINLAMIL Tanjung Priok, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok diwakili Kasie Patroli Feriland Saragih, para Pejabat Strukturaldan staff dilingkungan  Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Priok serta anggota Tim PORA lainnya. (Oddie/WI).

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.