FORWAMI SELENGGARAKAN DISKUSI PENGOPERASIAN CFS DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK TURUNKAN BIAYA LOGISTIK - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


FORWAMI SELENGGARAKAN DISKUSI PENGOPERASIAN CFS DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK TURUNKAN BIAYA LOGISTIK



WARTA INDONESIA - JAKARTA - Tingginya daya saing industri logistik nasional membuat perekonomian Indonesia saat ini, semakin mengalami daya saing cukup tinggi. Hal ini disikapi Pemerintahan Presiden Joko Widodo, untuk selalu melakukan upaya menurunkan biaya logistik, agar pembagunan infrastruktur tidak begitu terbebani.

Pemerintah juga membangun sejumlah Pusat Logistik Berikat (PLB) yang ada di kawasan Indonesia Timur. Selain itu, menerbitkan sejumlah regulasi untuk mendorong penurunan biaya.logistik tersebut. Dipihak lain BUMN sebagai kunci ikut berpartisipasi mengupayakan hal itu dan telah disandarkan kepada Pelabuhan Indonesia II. 

Salah satu upaya yang dilakukan PT Pelindo II  yaitu dengan pengoperasian Container Freight Station (CFS),di Pelabuhan Tanjung Priok. CFS ini merupakan penyimpanan konteiner impor berstatus Less than Conteiner Load (LCL) dalam pengawasan kepabeanan. 

Kehadiran CFS adalah untuk memperlancar arus barang dan pengurusan dokumen pelabuhan. Adanya fasilitas tersebut untuk memangkas biaya impor hingga 10 persen. Menyikapi pengoperasian CFS PT Pelindo II, Forum Wartawan Maritim Indonesia (Forwami), hadir dengan menggelar diskusi tentang peran CFS Center dalam upaya penurunan biaya logistik di Pelabuhan, pada Rabu (11/4) di  Hotel Sun lake Sunter, Jakarta Utara.

“Insan Jurnalis Maritim yang tergabung dalam wadah Forwami, hadir untuk memediasi masalah yang dialami dunia perdagangan perekonomian nasional kita, dengan menggelar acara diskusi terkait pengoperasian CFS di Pelabuhan Tanjung Priok,“Demikian disampaikan Muslih Syahbana, Penasehat Forwami, di Jakarta, Selasa (10/4/2018).

Ketua Forwami, Damas Jati mengatakan dengan diskusi ini juga diharapkan akan dapat memberikan pencerahan tentang CFS Center. Dengan diskusi ini salah satu wujud kerjasama dapat bersinergi diantara semua pihak dalam menurunkan biaya logistik, khususnya di Pelabuhan.

Diskusi ini yang dibuka Direktur Pembinaan Anak Perusahaan Pelindo II/IPC, Riri S Jetta dengan menghadirkan sejumlah narasumber,di antaranya Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok,Arief Toha Tjahjagama,Kepala Bea Cukai Tanjung Priok,Dwi Teguh serta General Manager Cabang Pelabuhan Tanjung Priok, Mulyadi. Kalangan asosiasi pengguna jasa,Ketua Umum INSA Carmelita Hartoto,Ketua Umum ALFI,Yuki Hanafi dan Ketua Umum Ikatan Eksportir importir Indonesia,Amalia. 

Forwami dalam melaksanakan diskusi ini, merupakan program kerja organisasi dalam menyikapi berbagai isu,khususnya yang terkait dengan pelabuhan pelayaran maupun logistik. Kegiatan seperti ini rencana ke depan akan dilaksanakan Forwami secara rutin setiap bulan dengan berbagai topik,khususnya di sektor kepelabuhanan. (Oddie/WI).

2 komentar:

  1. DONACOPOKER Sebagai Agen Resmi Game Kartu Online yang terpercaya di Indonesia,
    ikut memeriahkan di gelarnya Asian game 2018,
    banyak sekali bonus yang akan kalian dapartakn di
    www.donacopoker.net buruan dapetin bonus 15% dan 10% nya
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +85515875229

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.