KANTOR OTORITAS PELABUHAN TANJUNG PRIOK WUJUDKAN PELAYANAN 24/7 YANG CEPAT,MUDAH, MURAH DAN TRANSPARAN - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


KANTOR OTORITAS PELABUHAN TANJUNG PRIOK WUJUDKAN PELAYANAN 24/7 YANG CEPAT,MUDAH, MURAH DAN TRANSPARAN


WARTA JAKARTA – JAKARTA - Pelabuhan Tanjung Priok merupakan pintu gerbang keluar masuknya (arus) barang terbesar dan tersibuk di Indonesia, kurang lebih  60 % kegiatan ekspor - impor di Pelabuhan Tanjung Priok. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut cq Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, menegaskan Pemerintah memastikan kelancaran arus barang ekspor – impor melalui Pelabuhan Tanjung Priok.
Guna meningkatkan  kelancaran arus barang, menurunkan dwelling time, menurunkan biaya logistik. Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok mengajak semua pihak yang terkait baik pemerintah, terminal operator dan pemangku kepentingan di Pelabuhan Tanjung Priok. Agar berkomitmen bersama dalam untuk mewujudkan pelayanan 24/7  terbaik terhadap masyarakat,

Demikian disampaikan Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Arief Toha Tjahjagama  dalam acara Forum Kehumasan Tanjung Priok I (pertama) tahun 2018 dilaksanakan di Hotel  Ibis Styles Sunter Jakarta Utara, Kamis (29/3/2018).

Arief Toha juga dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasikepada semua pihak atas terselenggaranya acara Forum Kehumasan Tanjung Priok Pertama tahun 2018 yang bertemakan “Komitmen bersama mewujudkan pelayanan Pelabuhan Tanjung Priok yang Cepat, Mudah, Murah dan Transparan.”

“Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok telah mengeluarkan Surat edaran tentang pelayanan penerimaan dan pengiriman barang dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priok 24 jam sehari dan 7  hari seminggu.  Membuka layanan pengaduan terkait  pelaksanaan 24/7 sebagai bukti Kantor Otoritas Pelabuhan fokus dan serius dalam meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Tanjung Priok,” Tuturnya.
Menurut dia, pihaknya sudah melaksanakan Quick Win sejak awal Maret 2018 terkait Inaportnet 2.0 yang dikembangkan untuk traking dan tracing posisi kapal dan barang di Pelabuhan Tanjung Priok. Hal ini bertujuan untuk efisiensi pelayanan agar tercipta pelayanan yang cepat, murah, mudah dan transparan.

Arief Toha menjelasakan pelayanan CEPAT yaitu proses kapal tiba atau berangkat dengan INAPORTNET hanya 30 menit. Pembayaran PNBP labuh yang terintegrasi dengan Inaportnet dan pelayanan DO Online sekitar 10 menit tanpa antri dan tidak harus tatap muka/datang.

Pelayanan MURAH yaitu pelayanan dengan Inaportnet hanya butuh akses internet, tanpa biaya operasional pengurusan DO dan CFS Center mengenakan tarif standar dan dipublikasikan. Pelayanan MUDAHuntuk lapor kapal tiba atau berangkat dengan Inaportnet kapanpun dan dimanapun, Tracking dan Tracing posisi kapal dan barang dengan mudah di InaportnetV.2.

Sedangkan pelayanan TRANSPARAN  yaitu informasi posisi kapal dan barang lebih valid dengan 
akses Online Inaportnet V.2, dapat mengetahui posisi dan waktu pergerakan barang, dapat mengetahui waktu inap kontainer secara realtime. Waktu penerbitan DO dan SP2 dapat diketahui dan sudah terintrgrasi dengan Inaportnet.

Forum Kehumasan Tanjung Priok I yang di inisiasi Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dirangkai dengan diskusi tentang Pelabuhan Tanjung Priok. Menghadirkan Moderator Diskusi Capt. Supriyanto Sudarto Sekretaris INSA Jaya dan tiga Narasumber masing-masing Arief Toha Tjahjagama Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tanjung Priok Dwi Teguh Wibowo dan Dirut PT Jakarta Internasional Container Terminal Gunta Prabawa.

Dwi Teguh Wibowo pada kesempatan itu dalam paparannya, menyampaikan dalam mendukung program Pemerintah terkait paket kebijakan ekonomi ke 15 dengan fokus mengembangkan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik nasional. Memperkuat kelembagaan dengan INSW (Indonesia National Single Window), memberikan peluang pasar kepada pengusaha pelayaran, marine insurance dan pemeliharaan kapal nasional serta meningkatkan daya saing perusahaan  penyedia jasa logistik.

KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok telah melakukan beberapa inovasi pelayanan terhadap peningkatan kelancaran arus barang, pelayanan kepabeanan dan peningakatan daya saing perekonomian nasional. Dimana  inovasi pelayanan KPU BC Tanjung Priok seperti penambahan layanan bersertifikasi ISO 9001 : 200015, perluasan layanan 24/7 dan pengembangan layanan berbasis IT.

“KPU BC Tanjung Priok terkait pelayanan 24/7 bahwa pemeriksaan fisik barang tidak dibatasi pada kriteria barang impor tertentu saja dan penelitian dokumen termasuk penelitian PIB (pemberitahuan impor barang) jalur kuning dan merah, “ Katanya.

Dijelaskannya,  KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok sejak tahun 2017 sampai 2018 telah melakukan penembangan IT based administration yaitu penerapan sistem aplikasi LHP MOBILE, aplikasi kesiapan barang di TPS (tempat penimbunan sementara), aplikasi OMEGA ( sistem aplikasi outward manifest tiga), dan sistem pelayanan restitusi (spasi).

Dirut JICT Gunta Prabawa pada kesempatan itu, memaparkan peran JICT dalam mewujudkan pelabuhan Tanjung Priok cepat, murah , mudah dan transparan. Manajemen telah melakukan inovasi pelayanan yang berbasis IT, JICT salah satu pelabuhan petikemas di Indonesia yang mempunyai sistem terintegrasi (one roof).

Dengan metode online dari pelayanan awal hingga akhir yaitu dari gate – in untuk ekspor hingga pemuatan petikemas di kapal dan dari  pembongkaran petikemas di dermaga untuk impor hingga gate out dari Terminal JICT.

“Kami mengantisipasi kebutuhan pelanggan (customer) di masa depan dengan memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan dan mempertahankan layanan sebagai petikemas yang berstandar Internasional., ” Katanya.

Gunta Prabawa menjelaskan bahwa JICT saat ini memiliki otomatisasi gatehouse dengan total 20 jalur yaitu JICT Gate - in 14 jalur dan Koja Gait - in 6 jalur dan fasilitas penimbangan menggunakan metode WIM (weighing in motion) , Jalan tol dan jalur Kereta Api.

Sedangkan sistem integrasi on line di JICT melayani  dari E - billing, Trucking, DO on line, Emty REPO, Invoice PLP (pindah lokasi penimbunan) dan aplikasi KIOS TPS ONLINE. Saat ini pelayanan  di JICT didukung dengan one click all solution

Kepala Kantor Imigrasi Tanjung Priok Sigit Roesdianto yang hadir pada kesempatan itu juga menyampaikan dukungan terhadap pelayanan 24/7 di pelabuhan Tanjung Priok. Kantor Imigrasi akan mengikuti perubahan – perubahan pelayanan dan memberikan kemudahan terhadap pelayanan di pelabuhan Tanjung Priok.

“ Pelayanan pemeriksaan di pintu masuk, kami akan bersinergi dengan instansi terkait di pelabuhan    dalam melakukan operasional, “ Ujarnya.

Hadir dalam acara Forum Kehumasan Tanjung Priok I (pertama) tahun 2018  yaitu jajaran pejabat dan pegawai Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok, IPC Cabang Tanjung Priok dan anak perusahaan IPC, Ketua Dewan Pelabuhan Sungkono Ali, asosiasi INSA, GINSI, ALFI, instasi TNI dan Polri, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kantor Bea dan Cukai, Kantor Karantina Hewan dan Tumbuhan dan stakeholder Pelabuhan Tanjung Priok.(Oddie/WI)

2 komentar:

  1. DONACOPOKER Sebagai Agen Resmi Game Kartu Online yang terpercaya di Indonesia,
    ikut memeriahkan di gelarnya Asian game 2018,
    banyak sekali bonus yang akan kalian dapartakn di
    www.donacopoker.net buruan dapetin bonus 15% dan 10% nya
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +85515875229

    BalasHapus
  2. Salam untuk kalian para member setia S1288poker, bagi kalian yang ingin bergabung bersama kami di S1288poker,com kalian bisa langsung saja mendaftarkan diri kalian disini dan ajak teman kalian untuk bermaian di S1288poker,com dapat kan bonus juga bonus freechips setiap hari nya.
    Cukup dengan deposit Rp. 10.000,- saja kalian sudah dapat bergabung bersama kami dan nantikan bonus-bonus menarik dari kami dan juga permainan seru lainnya hanya di S1288poer,com Agen judi poker terbaik dan terpercaya. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.