IPC/ PELINDO II KANTOR PUSAT PERINGATI BULAN K3 DENGAN KEGIATAN APEL KESADARAN BUDAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


IPC/ PELINDO II KANTOR PUSAT PERINGATI BULAN K3 DENGAN KEGIATAN APEL KESADARAN BUDAYA KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA



WARTA INDONESIA – JAKARTA - Kantor Pusat IPC/PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), dalam rangka peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2018 ,dengan menyelenggarakan Apel Kesadaran Budaya K3 di area parkir lingkungan Kantor Pusat IPC, Tanjung Priok, Rabu (7/2/2018).

Apel ini diisi dengan kegiatan yang diawali dengan simulasi Evakuasi Kebakaran (drill) berjalan dengan lancar dan sukses, dihadiri perwakilan dari PT Sucofindo selaku perusahaan inspeksi. Apel tersebut mengambil tema “Melalui Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kita Bentuk Bangsa yang Berkarakter," 

Kegiatan Apel Kesadaran Budaya K3 yang dilakukan Kantor Pusat IPC meliputi penyerahan secara simbolis Alat Pelindung Diri (APD) dari Direktur Operasi dan Sistem Informasi IPC/PT Pelindo II Prasetyadi kepada Unit Safety Patrol Pelabuhan Tanjung Priok.

Pada kesempatan itu dilakukan juga penyerahan surat konfirmasi sertifikasi ISO 9001. Sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dari PT Sucofindo kepada Kantor Pusat IPC.

Direktur Operasi dan Informasi Sistem IPC/ PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Prasetyadi dalam sambutannya menyampaikan penerapan Budaya K3 merupakan bagian integral dari pembangunan nasional untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing Indonesia.

"Sejalan dengan visi IPC untuk menjadi pengelola pelabuhan berkelas dunia, IPC secara konsisten mengimplementasikan SMK3 untuk mencapai zero accident," Katanya.

Prasetyadi mengatakan kegiatan Simulasi Evakuasi Kebakaran selain menjadi salah satu prasyarat yang wajib dilakukan secara berkala juga menunjukkan komitmen Kantor Pusat IPC dalam rangka implementasi SMK3 untuk menuju world class terminal. 

"Diharapkan komitmen ini dapat menjadi teladan untuk Cabang Pelabuhan dan Anak Perusahaan IPC. Kantor Pusat saat ini telah berhasil mendapatkan sertifikat SMK3 dengan kategori Gold yang artinya kategori paling baik. Simulasi Evakuasi Kebakaran ini juga merupakan bagian dari program kampanye K3 yang dilaksanakan di IPC Group," Jelasnya.

Lebih lanjut, dijelaskannya tanggung jawab dan komitmen K3 perlu dilaksanakan dalam pekerjaan sehari-hari, dengan selalu menyadari dan mengevaluasi setiap lingkup pekerjaan. Setiap melakukan pekerjaan yang dilaksanakan hendaknya sesuai terhadap pelaksanaan implementasi K3 tidak hanya secara korporat tetapi juga secara individu.

"Melalui Apel K3 ini marilah kita segarkan kembali komitmen kita, marilah mulai dari diri kita sendiri, marilah kita mulai dari hal kecil dan kita mulai dari sekarang. Mari kita jaga keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan kita masing-masing," Ungkapnya.

Prasetyadi  mengakhiri sambutannya menyampaikan  ucapan terima kasih kepada Direksi dan Tim Manajemen IPC atas partisipasinya dalam Simulasi Evakuasi Kebakaran tersebut. Manajemen IPC komitmen untuk mensukseskan program zero accident di lingkungan IPC Group. (Oddie/WI).

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.