KETUA BPD GINSI DKI JAKARTA MINTA TERMINAL OPERATOR PERLAKUKAN IMPORTIR SECARA FAIR DAN ADIL - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


KETUA BPD GINSI DKI JAKARTA MINTA TERMINAL OPERATOR PERLAKUKAN IMPORTIR SECARA FAIR DAN ADIL


WARTA INDONESIA – JAKARTA - Badan Pengurus Daerah (BPD)  Gabungan Importir Seluruh Indonesia (GINSI) Provinsi DKI Jakarta, selenggarakan acara Seminar dan Diskusi, bertempat di Hotel Sunlake Hotel Sunter Jakarta, Rabu (28/2/2018). Mengusung tema “ Meningkatkan Arus Barang Dengan Layanan 24/7.”
Ketua BPD GINSI DKI Jakarta Capt Subandi Ketua Panitia Seminar dan Diskusi tersebut dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada para pihak yang mendukung terselenggaranya acara tersebut dan terhadap nara sumber antara lain Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Arif Toha, Kepala Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tanjung Priok Dwi Teguh W, Kepala Kantor Balai Besar Karantina Hewan dan Pertanian  Tanjung Priok diwakili oleh R Sucahyo, Ketua ASDEKI (Assosiasi Depo Kontainer Indonesia) Muslan AR.
Capt Subandi mengatakan bahwa GINSI DKI Jakarta setelah terbentuk Desember 2017 berkomitmen akan mengadakan diskusi dan seminar serta akan sosialisasikan aturan-aturan yang di keluarkan pemerintah terkait dengan importasi.

Capt Subandi menyoroti danmeminta kepada terminal petikemas agar memperlakukan importir secara fair dan adil. Dia juga mengingatkan jangan sampai terulang kasus JICT baru baru ini. Mereka kisruh internal soal penggantian Vendor operator RTGC, berdampak pada importir yang rugi karena barang mengendap lama di pelabuhan.

Capt Subandi mengkritisi Pelayanan di Terminal Petikemas New Priok Container Terminal One (NPCT 1). Menurut dia, bahwa pemilik barang yang sudah lelah menunggu barang lama keluar, saat mau bayar penumpukan masih dipersulit dengan harus menunjukkan identitas Perusahaan Pengurus Jasa Kepabeanan (PPJK).

“Importir itu adalah pemilik barang mau bayar jasa terminal kenapa harus dipersulit dan menunjukkan identitas PPJK yang statusnya sebagai wakil pemilik barang. Akibatnya importir harus mencari dulu ID PPJK. Dan pada saat mau bayar juga kembali dipersulit, dengan alasan tidak boleh pakai sandal, “ Ungkapnya.

Capt Subandi menyampaikan importir sudah kecapean di pingpong harus mencari dulu ID PPJK sampai kakinya sudah panas lalu pakai sandal, lagi lagi tidak dilayani karena tidak pakai sepatu, ” Dan sangat aneh biar pakai sandal, dia punya uang mau bayar tetapi tidak dilayani,” Katanya.

“Kepada terminal operator yang agar tidak ada lagi laporan seperti itu kepada GINSI DKI Jakarta, dan kepada direksi  importir kami sampaikan terkait pelaksanaan  pelayanan 24/7 dari hulu sampai hilir tujuan pemerintah adalah menekan biaya logistik Indonesia yang efisien,” Jelas Capt Subandi.

Sementara Kepala Otoritas Pelabuhan (OP)Tanjung Priok, Arif Toha mengatakan dweling time dan layanan 24/7 harus dilaksanakan untuk menurunkan biaya logistik agar perekonomian kita mampu bersaing dengan negara tetangga.

Arif Toha mengatakan bahwa Menteri Perhubungan RI Cq Dirjen Perhubungan Laut meminta pihaknya agar melaksanakan pelayanan 24/7 dalam penerimaan dan pengiriman barang di Pelabuhan Tanjung Priok segera dilaksanakan.

“Menhub minta saya melaporkan kalau masih ada unit layanan belum melaksanakan 24/7,  Menhub akan bicara dengan Menteri terkait. Untuk mensukseskan 24/7  di pelabuhan Tanjung Priok semua stake holder harus turut serta karena satu unit layanan tidak ikut akan mempengaruhi hasilnya,”  Jelas Arif Toha

Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Priok, Dwi Teguh dalam Seminar yang digelar BPD GINSI DKI mengatakan68 % importasi jalur hijau yang sudah clearance Bea Cukai masih ditimbun lebih dari 3 hari di lini satu Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Priok.

Dwi Teguh W menyebutkan dataimportasi di lini I  perhitungan dwelling time melalui Pelabuhan Tanjung Priok untuk tahun 2017 yaitu Mitra Utama  jalur prioritas /jalur hijau ( tanpa pemeriksaan fisik) jumlahnya paling besar yaitu : 860.125 Box ( 86,21 % ) dari seluruh barang impor, disusul jalur kuning 82.957 Box (8,31%) dan jalur merah atau wajib pemeriksaan fisik (bahandle)  hanya 54.613 Box ( 5,47 %) .Jadi total  importasi lini I untuk tahun 2017 dwelling time 997.695 Box. Lamanya kontainer nginap di lini satu berpengaruh terhadap dwelling time.

Dwi Teguh W menyampaikan pihaknya sepakat mau turunkan dwelling time, akan tetapi semua stake holder perlu duduk bersama termasuk terminal petikemas untuk mencari solusi terhadap masalah ini

Menurut dia, bahwa domain Bea dan Cukai dalam dwelling time hanya pada tahap proses clearance. Untuk jalur hijau hanya 0,01 hari sudah keluar Surat Persetujuan Pengeluaran Barang (SPPB). Sementara pre clearance dan post clearance ditangani instansi lain, untuk itu semua instansi terkait harus kerjasama.

“Kebijakan pemerintah secara nasional harus menurunkan dwelling time, dan menerapkan layanan 24/7 untuk menurunkan biaya logistik agar barang kita mampu bersaing dengan negara tetangga. Karena itu semua pihak terkait harus menerapkan secara serentak 24/7 maupun proses terkait dwelling time agar berhasil sesuai sasaran, “ Ungkap Dwi Teguh W

Dwi Teguh W mengatakan terkait denganpenerapan 24/7 juga harus dipatuhi semua stake holder. Kalau KPU Pelabuhan Tanjung Priok sendiri sangat siap melaksanakan 24/7. Namun masih ada unit layanan seperti beberapa bank belum melaksanakan 24/7 di pelabuhan Tanjung Priok.

Acara seminar dan diskusi yang diselenggarakan BPD GINSI DKI Jakarta tersebut di hadiri Dirut PT IKT (Indonesia Kendaraan Terminal) Chiefi Adi K, Ketua DPD APBMI  Tanjung Priok Yuswandi  Kristianto, Rima Novianti mewakili manajemen IPC/PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), Kabid Lala Kantor Otoritas Utama Pelabuhan Tanjung Priok Hotman Sijabat, instansi terkait dalam pelabuhan Tanjung Priok dan Pengurus dan anggota GINSI DKI Jakarta (importir).(Oddie/WI).

1 komentar:

  1. agen poker online indonesia
    bonus poker online indonesia
    CARA BERMAIN POKER AGAR MENANG
    judi kartu online

    jangan lewatkan keseruan bermain poker onlie uang asli bersama donacopoker
    dan jangan lewatkan bonus 2kali sehari yang bisa kalian dapatkan sebesar
    hanya di www.donacobet.com atau bisa hubungi langsung kontak di bawah ini
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donacopoker
    WHATSAPP : +85515875229

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.