MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PETIKEMAS PT PELINDO IV INVESTASI 5 UNIT RTG - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS BONGKAR MUAT PETIKEMAS PT PELINDO IV INVESTASI 5 UNIT RTG

WARTA INDONESIA - JAKARTA - Setelah Rini Soemarno Menteri BUMN RI, menghadiri rapat bersama  dengan Komisi 6 DPR RI, pembahasan dan membuat keputusan atas Penyertaan Modal Negara (PMN)  sejumlah BUMN. Akhir Januari Tahun 2015 Rini Soemarno mengusulkan 35 perusahaan BUMN akan mendapatkan PMN sebesar total Rp. 48,01 triliun.

Hasil  rapat Menteri BUMN dan Komisi 6 DPR RI , akhirnya diputuskan pada 10 Februari 2015. PMN akan diberikan untuk 27 BUMN (8 BUMN tidak mendapatkan PMN) ini menggunakan dana APBN sebesar Rp. 37.276.000.000.000 (37.2 triliun).

Dirut PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Doso Agung kepada awak media, Jumat (8/12/2017) mengatakan program dari Kementerian BUMN dari tahun 2015 tersebut di antara BUMN yang mendapat persetujuan terkait PMN adalah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) IV dengan anggaran sebesar Rp. 2 triliun.

“ Dimana penyerapan nya sekitar 65 %, seharusnya sudah selesai pada triwulan ke tiga tahun 2018.Salah satunya  penyerapan anggaran tersebut adalah investasi peralatan yakni pengadaan 5 unit RTG (Rubber Tyred Gantry) baru, senilai Rp.85 miliar untuk kebutuhan Pelabuhan Jayapura dan Pelabuhan Ambon,” Katanya.

Doso Agung menyebutkan bahwa 5 unit alat bongkat kontainer tersebut telah tiba di Pelabuhan Jayapura Kamis (7/12/2017), diangkut menggunakan kapal MV Hansa Heavy Lift (HHL) New York  berbendera Barbado dan Antiqua.

Menurut dia, kedatangan 5 unit RTG tersebut, untuk menunjang dan meningkatkan produktivitas operasional bongkar muat petikemas di PT Pelindo IV. RTG yang baru ini, akan ditempatkan 2 unit di pelabuhan Jayapura sedangkan yang 3 unit lagi di pelabuhan Ambon.

Lebih lanjut, Doso Agung menyampaikan selain 5 Unit RTG, PT Pelindo IV telah melakukan pembangunan beberapa dermaga dan penambahan lapangan penumpukan untuk 5 (lima) pelabuhan non Papua terdiri dari Pelabuhan Bitung, Kendari, Tarakan, Ambon dan Pelabuhan Cabang ternate. Sedangkan 4 (empat) pelabuhan di Papua  yaitu Pelabuhan Cabang Merauke, Monokuari, Sorong dan Pelabuhan Cabang Jayapura

“ Sedangkan untuk supra struktur atau peralatan petikemas di pelabuhan Cabang Merauke akan di investasikan 2 (dua) unit Fix Crane. Yang akan ditargetkan tiba di PT Pelindo IV pada bulan Pebruari 2018,” Jelasnya.

Direktur Fasilitas dan Peralatan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) Farid Padang ketika dikonfirmasi WARTA INDONESIA  via telepon celuler, Sabtu (9/12/2017) terkait investasi pengadaan  5 unit RTG (alat bongkar muat kontainer) di PT Pelindo IV menjelaskanbahwa kapasitas angkat RTG yang baru tiba tersebut adalah SWL 40 ton dengan high stacking 5+1 dan span 23,47 meter atau 6 row + 1 (truck line). Cara kerja RTG yang baru lebih cepat dapat menunjang target produktivitas bongkar muat barang di 2 pelabuhan  tersebut.

“ Khusus  untuk Pelabuhan Jayapura saat ini telah tersedia alat yaitu 2 unit container crane, 2 unit RTG, 4 Head truck, 2 tronton, 2 reachstacker, 1 forklift 7 ton, 1 Mobile Crane, 1 Kapal Tunda Anggada IX 2×1.000 hp, 1 speed boat 2×40 hp dan 10 plugging reefer. Dengan kedatangan 2 unit RTG terbaru ini, maka di pelabuhan terujung di Kawasan Timur Indonesia (KTI)  atau Pelabuhan Jayapura telah memiliki 4 unit RTG, “ Paparnya.

Farid Padang lebih lanjut mengatakan Pelabuhan Ambon, rencananya 3 unit RTG yang baru akan tiba pada 13 Desember 2017. Direncanakan 5 unit RTG itu sudah bisa digunakan sebelum Tahun Baru 2018. Saat ini, progress pengerjaan pemasangan 2 unit RTG baru di Pelabuhan Jayapura dilaksanakan perusahaan kontraktor Dinson Industries Corporation  China, saat ini pengerjaannya sudah mencapai 90,50%.

Kedatangan RTG baru  di Papua disaksikan manajemen PT Pelindo IV Cabang Jayapura, PMO of Equipment, pihak Dinson Industries Corporation – China, Konsultan Pengawas Pengadaan di Jayapura dan instansi terkait di dalam Pelabuhan Jayapura.

“ Semoga dengan penambahan alat ini dapat meningkatkan produktivitas bongkar muat petikemas di sejumlah pelabuhan yang dikelola PT Pelindo IV. Dan mampu memberikan dan menjamin pelayanan tidak ada lagi hambatan terkait kesediaan maupun kesiapan alat, sehingga terwujud segera pelayanan yang prima. Kami merencanakan tahun 2018 adalah  merupakan tahun produktivitas yang maksimal, “ Pungkasnya.Oddie – Editor.00/WI








2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.