KSOP MARUNDA SOSIALISASIKAN PROTAP PELAYANAN PEMANDUAN DAN PENUNDAAN DI PERAIRAN MARUNDA - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


KSOP MARUNDA SOSIALISASIKAN PROTAP PELAYANAN PEMANDUAN DAN PENUNDAAN DI PERAIRAN MARUNDA




WARTA INDONESIA – JAKARTA UTARA - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda - Jakarta Utara, dalam rangka meningkatkan pelayanan Pemanduan dan Penundaan Kapal di perairan Pelabuhan Marunda. KSOP Marunda kerja sama dengan Badan Pengusahaan Pelabuhan BPU PT Krakatau Bandar Samudera melaksanakan sosialisasi prosedur tetap (protap) pelayanan Pemanduan dan Penundaan Kapal.

Per tanggal 01 Juli 2017, di perairan Marunda telah dilakukan Pemanduan dan Penundaan Kapal yang dan ke pelabuhan Marunda, di komando oleh Badan Pengusahaan Pelabuhan (BUP) PT Krakatau Bandar Samudera hingga saat ini masih berlangsung.

Sesuai dengan aturan dan peraturan pemerintah dalam rangka menjamin keselamatan, keamanan berlayar dan perlindungan maritim. Implenmentasi Peraturan Menteri Perhubungan RI No.PM.57 tahun 2015 tentang Pemanduan dan Pemanduan Kapal dan tertuang pada Keputusan KSOP Kelas V Marunda Nomor : PP.304/2/4/KSOP.Mrd-17. 

Demikian disampaikan KSOP Pelabuhan Marunda Anggiat D Silitonga dalam sambutannya saat pembukaan sosialisai Pelayanan Pemanduan dan Penundaan Kapal Pelabuhan Marunda, di Hotel Grand Whiz Jakarta Utara Kamis ,(19/10/2017).

Anggiat D Silitongamengatakan atas implementasi aturan  pemerintah tersebut, maka ditetapkan Prosedur Tetap (Protap) terkait pemanduan dan penundaan kapal. Guna dapat menjamin efisiensi dan efektivitas pemanduan dan penundaan kapal di Pelabuhan kelas V Marunda.

Dikatakannya, dengan adanya protap pemanduan dan penundaan kapal tersebut, KSOP Marunda sebagai penyelenggara pelabuhan ada beberapa hal fungsi yang perlu di perhatikan. Pertama, lebih terjaminnya aspek keselamatan kapal, barang maupun manusia yang keluar dari pelabuhan Marunda. Kedua, adalah penentuan waktu yang dibutuhkan kapal dari dan ke dalam pelabuhan Marunda, termasuk penentuan dan target-target waktu yang ada tertuang dalam protap itu.

Termasuk juga yang dibutuhkan stake holder dari pengguna jasa pelabuhan atau pelaku usaha untuk melakukan permintaan jasa pemanduan dan penundaan kapal. Karena selama ini, KSOP Marunda dengan Operator Pemanduan dan Penundaan Kapal telah membicarakan secara intensif. Untuk memberikan pelayanan yang terbaik terhadap para stake holder KSOP Marunda, pengguna jasa kepelabuhanan.

Sedangkan fungsi yang ke tiga, Menurut Anggiat D Silitonga adalah untuk memproteksi  pelayaran atau pengguna jasa jika terjadi kecelakaan kapal, karena setiap kapal sudah ada aturan harus di asuransikan. Apabila kapal tersebut saat keluar masuk pelabuhan dan ada proses pemanduan, maka yang pertama sekali yang ditanyakan oleh asuransi dalam hal mengclaim asuransi adalah bagaimana dengan protap pemanduan kapal, apakah sudah dilaksanakan sesuai protap apa belum.

“Jadi claim asuransi dari perusahaan pelayaran tersebut dapat dilakukan penggatian apabila sudah sesuai dengan prosedur (protap),” Ungkapnya.

Hal itu, yang merupakan salah satu pentingnya ditetapkan protap pelayanan pemanduan dan penundaan kapal, selain itu juga berdasarkan amanat Undan-Undang Peraturan pemerintah  Nomor.61 tahun 2009 tentang kepelabuhanan, bahwa protap pelayanan harus ditetapkan penyelenggara pelabuhan.

“Jadi karena KSOP Marunda Kelas V merupakan Badan Pemerintah yang menjalankan fungsi kepelabuhanan. Sehingga KSOP Marunda menetapkan prosedur tetap  pemanduan dan penundaan kapal di perairan Marunda seperti itulah yang ditetapkan oleh Undang-Undang,” Jelasnya

Ditambahkannya, maka kedepan protap-protap yang kami buat tentu saja tetap akan melibatkan para stake holder atau pengguna jasa maupun pelaku usaha pelabuhan Marunda.Karena KSOP tidak sendiri, tentu butuh dukungan dan masukan-masukan dari para stakeholder. Namun harus komitmen dalam melaksanakan protap tersebut secara bertanggung jawab, artinya kita jangan sampai tidak melaksanakan protap yang kita buat.

“Saya berharap kepada para pengguna jasa kepelabuhanan atau stakeholder, dapat menjalankan protap ini sesuai yang tertuang didalamnya. Dan tidak ada lagi sistem-sistem atau prosedur lainnyadiluar dari protap tekait dengan penundaan dan pemanduan. Kita hanya mengenal satu sistem pelayanan pemanduan dan penundaan di pelabuhan Marunda, kalau pun ada diluar itu kita tetap mengacu kepada protap, “ Pungkasnya.

Usai sambutan,  KSOP Marunda Kelas V Anggiat D Silitonga langsung membuka acara sosialisasi tersebut, dilanjutkan dengan diskusi dan sesi tanya jawab para undangan (perusahaan pelayaran) terkait dengan protap pemanduan dan penundaan kapal di peraiaran Marunda. Hadir dalam acara sosialisasi ini dari perusahaan pelayaran atau sebanyak 47 undangan, asosiasi dan pegawai Kantor KSOP Marunda.Oddie – Editor.001/WI.

1 komentar:

  1. CARA BERMAIN POKER AGAR MENANG

    Dapatkan bonus 2x sehari di www. donacobet .com
    agen poker online terpecaya fitur 7 game dan bisa kalian mainkan
    dengan 1 id dan deposit sangat rendah
    WHATSAPP : +85515875229

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.