IPC BANTEN HEBAT PELABUHAN PERTAMA DI INDONESIA PELAYANAN DIGITAL PORT - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


IPC BANTEN HEBAT PELABUHAN PERTAMA DI INDONESIA PELAYANAN DIGITAL PORT




WARTA INDONESIA – BANTEN - IPC/PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Banten saat ini  sebutannya Banten Hebat, pengelolaan pelabuhan Banten tidak asing lagi di Indonesia maupun manca negara. 

Dimana pelabuhan Ciwandan Banten lokasinya sangat strategis menghadap selat Sunda yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera. Selat Sunda merupakan jalur lalu lintas kapal utama dari negara-negara Selatan ke Asia Tenggara.


Pelabuhan Ciwandan Banten memiliki draf cukup dalam dan memiliki fasilitas pelabuhan yang modern. IPC Banten menjadi pilihan perusahaan- perusahaan di provinsi Banten khususnya di wilayah Cilegon, karena pelabuhan ini aktivitas sehari-hari melayani bongkar muat (B/M) barang-barang curah dan non petkemas.

IPC Banten dari tahun ketahun selalu melakukan pergantian kepemimpinan oleh Manajemen PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Pusat – Jakarta. Manajemen IPC Banten di bawah kepemimpinan GM Armen Amir telah memperlihatkan satu transformasi dan peningkatan yang begitu signifikan. Demikian disampaikan oleh Manajer Factory PT Pundi Kencana Mustafa Ismail dalam paparannya saat seminar sehari dengan tema “ Banten Hebat Menuju Digital Port Pertama Di Indonesia “ Banten (9/10/2017).

Mustafa Ismail menyampaikan pembangunan yang dilaksanakan manajemen IPC Banten sekarang baik itu pembangunan infrastruktur, fasilitas, IT, SDM dan juga peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengguna jasa. IPC Banten dengan penambahan dermaga, alat bongkar muat, alat-alat berat dan fasilitas lainnya, akan meningkatkan produktifitas dan efisiensi aktivitas B/M di pelabuhan ini.

“Kami menyadari bahwa IPC Banten kini, telah melangkah satu langkahlebih tinggi dibawah kepemimpinan General Manager (GM) Armen Amir. Kehadirannya untuk memimpin Pelabuhan Ciwandan IPC Banten telah mengangkat martabat IPC Banten yang dikenal sekarang sebagai Banten Hebat,” Tuturnya.

Dijelaskannya,  Armen Amir memiliki semangat juang yang tinggi  dan visi yang jauh,walaupun baru duduk memimpin Banten Hebat. Kami telah melihat dan meyaksikan perubahan yang telah dilakukan antara lain regritrasi truk (truck registered) salah satu sistem untuk mengintegrasikan semua angkutan yang akan melakukan kegiatan di pelabuhan Banten.

Sistem tersebut akan di integrasikan dengan berbasis IT yaitu NPK-TOS (Non Petikemas Terminal Operating System). Diawal berjalannya sistem ini, kami sedikit menghadapi kendala di jembatan timbang. Dimana truk – truk harus antri agak lama dan hal ini akan menghambat operasi pembongkaran bahan curah. Saran kami, agar jembatan timbang perlu ditambah agar penimbangan truk berjalan dengan lancar.

Lebih lanjut, disampaikannya dengan adanya sistem intergrasi tersebut dan setelah beroperasi sepenuhnya . Diharapkan Banten Hebat  dapat memberikan pelayanan yang lebih efektif, optimal,efisien dan memberi kepuasan kepada pelanggan. Hal ini, akan menguntungkan pelanggan apabila kapal dapat sandar tepat waktu, proses pembongkaran lebih cepat dan keamanan barang terjamin. Dengan teknologi pelayanan  berbasis IT, maka segala urusan, komunikasi dan informasi akan lebih cepat dan tepat.

“ Kami yakin dan percaya Banten Hebat telah mengambil langkah dan tindakan yang hebat untuk menuju kearah DIGIITAL PORT  yang pertama di Indonesia. Transformasi ini, akan menjadikan Banten Hebat lebih berdaya saing, produktif, efisiensi dan menjadi pelabuhan contoh di Indonesia. Semua ini, akan menjadi harapan seluruh stake holder, pengguna jasa dan masyarakat Banten Hebat khususnya.” Pungkasnya.

PT Pundi Kencana salah satu pelanggan IPC Banten, perusahaan ini penghasil tepung terigu di kawasan KIEC II, pengguna jasa pelabuhan Banten sejak 2009. Bahan Baku perusahaan ini adalah biji gandum yang di impor dari beberapa negara seperti Australia, Kanada, Ukrania dan Rusia. Bahan baku ini, didatangkan melalui kapal laut dalam bentuk curah dengan kwantitas yang banyak.

Dikawasan Ciwandan terdapat 5 pabrik terigu dan 3  pabrik gula, ini  semua bergantung sepenuhnya dengan pelabuhan yang terdekat. Untuk melakukan kegiatan pembongkaran bahan baku perusahaan tersebut,  pelabuhan Ciwandan Banten merupakan pilihan utama.
Oddie – Editor.001/WI.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.