DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT KIRIM KAPAL PATROLI KN.SAROTAMA P -112 CARI KORBAN TABRAKAN KAPAL DI SELAT SINGAPURA - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


DIREKTORAT JENDERAL PERHUBUNGAN LAUT KIRIM KAPAL PATROLI KN.SAROTAMA P -112 CARI KORBAN TABRAKAN KAPAL DI SELAT SINGAPURA



WARTA INDONESIA – TANJUNG UBAN -Kapal sebagai sarana angkutan laut antar pulau maupun antar negara memiliki resiko kecelakaan yang cukup tinggi. Tingginya kasus kecelakaan laut di Indonesia harus menjadi perhatian seluruh pihak, bukan hanya pemilik kapal, melainkan juga pemerintah, instansi terkait dan masyarakat.

Untuk menjaga keselamatan Pelayaran salah satu tugas Kementerian Perhubungan RI melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. Untukmengawasi dan memberikan ijin layak layar terhadap keberangkatan kapal dari satu pelabuhan ke pelabuhan lain baik itu kapal domestik maupun luar negeri.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) mengirimkan satu unit kapal Patroli KN.Sarotama P-112 ke lokasi kejadian pagi kemarin, Rabu (13/9/2017).Untuk membantu operasi pencarian 5 orang korban yang belum ditemukan trubrukan antara KM Kartika Segara dan JBB De Rong di perairan Selat Singapura.

Terjadinya tubrukan antara kapal Tanker bernama Kartika Segara dan kapal pengeruk JBB De Rong 19 ini terjadi pada Rabu (13/9) dini hari, diperkirakan sekitar pukul 00.40 waktu setempat.
 
KM Kartika Segara merupakan kapal Tanker berbendera Indonesia yang dioperasikan oleh Pelayaran United Maritime Jaya. Sedangkan JBB De Rong berbendera Dominica yang tengah dioperasikan LK Global Shipping (Malaysia Based Company). Kedua kapal bertabrakan di perairan berjarak 1,7 mil laut atau 3,1 kilometer sebelah barat daya Sisters’ Islands. Kedua pulau kecil yang terletak di selatan daratan utama Singapura, penyebab tabrakan tersebut belum diketahui.

Dari informasi yang dihimpun awak media, bahwa Kapal JBB De Rong saat ini dalam kondisi terbalik dan  sebahagian body kapal tenggelam . Atas insiden itu, diketahui terdapat 12 anak buah kapal (ABK) asal China dan satu ABK asal Malaysia di dalam kapal tersebut. Tujuh orang di antaranya mengalami luka-luka, sedangkan lima orang lainnya hilang

Sedangkan informasi dari Otoritas Maritim Singapura, seluruh ABK dari kapal tanker berbendera Indonesia yang terluka dalam insiden  tersebut semuanya selamat. Sebanyak 26 orang ABK asal Indonesia tidak ada satupun yang mengalami luka-luka.

Plt. Dirjen Hubla Bay M Hasani menyampaikan kepada awak media atas insiden tersebut pihaknya akan membantu proses pencarian korban yang hilang dengan mengirimkan Kapal Patroli KN. Sarotama P-112 ke lokasi kejadian.

“Atas kejadian ini, kami sangat perihatin dan kami telah membantu dengan mengirimkan kapal Patroli KN.Sarotama P-112 dari Pangkalan Tanjung Uban.Pukul 10:20 WIB, KN.Sarotama P-112  telah berlayar dari Pangkalan KPLP Tanjung Uban menuju ke lokasi musibah kapal  yang tubrukan di Perairan Selat Singapura,” Jelasnya.

Sementara, Nakhoda Kapal Patroli KN. Sarotama, Desi Susanti kepada awak media mengatakan pada pukul 12:56 WIB, KN.Sarotama.P-112 tiba di lokasi Musibah pada posisi GPS : 01-09-388 N /103-48-295 E.

"Setibanya di lokasi, KN.Sarotama langsung melakukan pengawasan di lokasi kejadiantubrukan kedua kapal yang berada di Sekitar Perairan Pulau Senang - Singapura. Dan dari hasil pengamatan melalui peralatan kapal, tidak ditemukan pencemaran lingkungan laut di lokasi insiden tersebut,” Katanya.

Desi Susanti menjelaskan dalam pencarian ada beberapa unsur-unsur kapal yang berada di sekitar lokasi diantaranya BC.8006 dan 7006, kapal KRI 727, kapal BASARNAS Purworejo dan KP.GALANG 1. Sekitar pukul 13.00 WIB KN.Sarotama bersama sama dengan unsur kapal lainnya masih melakukan pencarian terhadap lima korban yang jatuh ke laut.

Kapal yang menyisir di sekitar lokasi musibah tubrukan, sampai saat ini pencarian korban yang belum ditemukan terus dilakukan oleh Otoritas Maritim Singapura dan KN. Sarotama terus bersiaga di sekitar lokasi kejadian. (Oddie – Editor.001/WI).

3 komentar:

  1. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut
    BBM : D8C0B757
    Line : pokerayam
    Whatsapp : +85587646043
    Capsa Susun
    Bandar Ceme
    Live Poker
    Texas Poker
    Domino QQ
    Ceme Keliling
    Poker Terbaik

    BalasHapus
  2. Dapatkan freechips 10rb untuk member baru hanya di S1288poker. HOKI KAMU ADA DISINI
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7AC8D76B
    WA : 087782869981

    BalasHapus
  3. www,s1288poker,com: Bandar Taruhan Poker online yang menyediakan layanan mirip dengan salah satu permainan situs jejaring sosial yang telah banyak dimainkan dan diminati di Indonesia dan kami. Melakukan semua trasaksi menggunakan mata uang rupiah, Hanya dengan Minimal Deposit Rp.10.000 Saja dan Minimal Withdraw Rp.20.000, anda sudah dapat menikmati permainan poker dari kami. (PIN BBM : 7AC8D76B)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.