Opini : Pemkab Bekasi Diminta Hapus Tradisi ‘Ganggu’ Demokrasi Desa - WARTA INDONESIA | MEDIA CERDAS MEMBANGUN BANGSA

Header Ads


Opini : Pemkab Bekasi Diminta Hapus Tradisi ‘Ganggu’ Demokrasi Desa

DALAM sejarah pemerintahan khususnya di tingkat Pemerintah Desa wilayah Kabupaten Bekasi mesti segera ada pembenahan. Sebab, menurut pendapat banyak kalangan, hampir semua desa misalnya di wilayah Kecamatan Tarumajaya Kabupaten masih ‘menjalankan’ tradisi lama yang menyerupai Nepotisme (kekeluargaan, perkawanan atau perkoncoan).
 
Sebagai  contoh, jika Kepala Desa X  misalnya, menjabat selama  periode 2012 hingga 2017, maka yang mengisi  atau yang menduduki jabatan  mulai dari Wakil Kades,  Ka.ur (Kepala Urusan), Seksi-Seksi, Kadus RW, RT  adalah  orang –orangnya  si  Kades X  tadi.

Jika Kades X  berhenti  dari jabatannya maka berhenti semua para  Ka.ur  dan Seksi Seksi Desa, para Kadus, RW, RT dan seterusnya.

Di satu sisi pola pemerintahan semacam  itu, mungkin dalam  rangka memperlancar perjalanan pemerintahan si Kepala Desa X  tadi, supaya mudah koordinasinya .

Namun menurut banyak kalangan  pola Pemerintahan  Desa yang demikian  lebih banyak mudhorotnya ketimbang manfaatnya bagi kehidupan masyarakat Desa di alam demokrasi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 (amandemen).

Sebagai contoh,  pada satu  kasus, ada  Pemilihan Ketua RT, dimana untuk Pemkab Bekasi tentu berdasarkan  atau mengacu pada  Peraturan Bupati (Perbup) No. 16 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemilihan Ketua RT dan RW di wilayah kabupaten.

Dalam Perbup itu jelas disebutkan, untuk calon Ketua RT harus memiliki KTP setempat (berarti KTP Kab. Bekasi (pada saat pecalonan). Apalagi pada contoh kasus ini, pemilihan RT merupakan  periode yang kedua. (Tiga Tahun Kedua masa jabatan seorang RT).

Kebetulan ada dua calon, sebut saja  Calon  A dan B, calon merupaka n incumbent dan dia sudah mempersiapkan  atau pemenuhan syarat KTP Bekasi untuk maju mencalonkan lagi. Maklum pada contoh kasus ini Pemilihan RT disebuah perumahan di lingkungan Kecamatan  Tarumajaya kab. Bekasi.

Calon A sdh penuhi syarat KTP  Bekasi, artinya calon A taat hukum atau  aturan yang berlaku di Kab. Bekasi.

Namun calon B hanya berdasarkan Surat Keterangan Domisili yang dikeluarkan Desa, mestinya Pemerintah Desa yang taat hukum  menolak calon B, karena belum memenuhi syarat Perbu No 16 tahun 2010.

Disinilah, benang merahnya, karena pemerimtah desa  dengan Kades X tadi  melakukan pola kepengurusan kekeluargaan (baca nepotisme), maka menjadikan hukum ‘diabaikan’ , sehingga merugikan  masyarakat dan mengorbankan  tatanan demokrasi Pancasila.

Betapa tidak, karena Calon B yang didukung tim yang ‘ambisi’ dengan selogan asal bukan Calon A yang jadi Ketua RT (terpilih) maka berbagai cara atau segala cara pun dilakukan , bagaimana agar syarat Perbup No, 16 tahun 2010, menjadi tidak penting. Sehingga dalam acara pemilihan, seorang Kadus dengan lantang mengatakan "meski tidak sesuai aturan (Perbup Bekasi  No 16 tahun 2010-red), saya yang mengesahkan,” kata si (Oknum) Kadus itu.

Jadi  meski ada beberapa warga yang bermaksud menanyakan apakah Pemilihan Ketua RT itu sudah memenuhi  ketentuan Perbup Bekasi, semua diabaikan bahkan ada intimidasi dari sejumlah oknum aparat yang terlibat dalam  kepanitiaan  Pemilihan Ketua RT itu.

Kesimpulannya, ketika situasi atau pola Pemerintahan Desa yang berbau Nepotisme (perkawanan, perkoncoan) yang jadi aparaturnya, maka Desa itu jauh dari kehidupan masyarakat yang berdemokrasi Pancasila. (*)

Penulis  : Hamron Wartawan Warta Indonesia

2 komentar:

  1. Bosan dengan game yang tidak jelas? Dan Ingin game yang menarik ? silahkan kunjungi saja web kami di s1288poker terbaik, tercepat, teraman & terpercaya kami disini juga menyediakan berbagai game judi online yang tidak kalah serunya seperti Poker, Domino, Capsa , Ceme, ceme keliling dan live poker serta anda juga akan di temanin oleh CS kami yang ramah dan online 24jam . . . (PIN BBM: 7AC8D76B)

    BalasHapus
  2. CARA BERMAIN POKER AGAR MENANG

    Dapatkan bonus 2x sehari di www. donacobet .com
    agen poker online terpecaya fitur 7 game dan bisa kalian mainkan
    dengan 1 id dan deposit sangat rendah
    WHATSAPP : +85515875229

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.